Ratusan Tanaman Bonsai Dipamerkan di Cilacap, Harganya Hingga Ratusan Juta

Ratusan Tanaman Bonsai Dipamerkan di Cilacap, Harganya Hingga Ratusan Juta

Untung Suwanto saat menunjukan tanaman bonsai, Rabu 15 Maret 2023-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Ratusan tanaman bonsai dari berbagai jenis dipamerkan di Kabupaten CILACAP. Pameran tersebut dalam rangka memperingati HUT CILACAP ke-176. Dan sudah dimulai sejak awal Maret 2023. 

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cilacap, Untung Suwanto mengatakan, ada 532 pohon dari berbagai daerah, mulai dari Jawa Timur hingga Sumatera. 

Dia mengatakan, ratusan bongsai yang dipamerkan dalam acara ini, kebanyakan didominasi oleh wilayah Bogor, Jawa Barat. Bonsai-bonsai tersebut pun bisa dibeli, dari mulai harga Rp 23 juta hingga mendekati Rp 1 miliar.

"Untuk bonsai yang harganya mendekati Rp 1 miliar ini merupakan bonsai santigi. Salah satu tanaman langka di Indonesia," kata dia.

Untung mengatakan, dari pameran tersebut pihaknya ingin mengembangkan seni bonsai di Cilacap agar dikenal oleh daerah lain. 

"Kami ingin menciptakan ekomoni kreatif mulai dari pengembang, petani dan lainnya. Karena bonsai itu dinamis banyak yang kita libatkan, mulai dari petani, pengrajin pot, hingga para trainer atau pengemas bonsai," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: