Odong-odong Gowes Bakal Dipindah ke Jalur Lebih Aman, Ini Alasannya

Odong-odong Gowes Bakal Dipindah ke Jalur Lebih Aman, Ini Alasannya

Lokasi Baru : Calon lokasi baru yang nantinya menjadi jalur kendaraan odong-odong gowes, di dekat GOR Goentoer Darjono Purbalingga.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Kendaraan kayuh atau gowes jenis odong-odong yang biasa menghiasi jalanan kota dan seputar alun-alun bakal dipindah. Rencana, akan dilakukan pemindahan ke jalur komplek GOR Goentoer Darjono.

Saat rapat koordinasi bersama Dinas Perhubungan, Sat Pol PP dan OPD terkait lainnya, Kepala Dinhub Raditya Widayaka, Jumat 9 Maret siang menjelaskan, pemindahan karena alasan keamanan dan kenyamanan lalulintas di kota dan sekitarnya.

"Saat ini hasil pantauan kami, oleh pemilik odong-odong penyewa atau masyarakat dibiarkan jalan sendiri. Pernah ada insiden senggolan dengan kendaraan lain, ini bahaya," tegas Radit.

Jikalau sampai luka dan meminta ganti rugi, siapa yang akan bertanggungjawab. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Saat ini tercatat ada 7 kendaraan odong-odong gowes yang mangkal dan beroperasi.di seputar kota dan alun alun Purbalingga.

"Kami mencoba memberikan solusi. Gampangnya ditertibkan atau diatur lagi, namun tetap memberikan gambaran solusi dan jalannya," tambahnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Sat Pol PP agar segera mensosialisasikan kepada pengelola odong-odong. Rencana akan dipanggil dan duduk bersama menyampaikan hasil kesepakatan rapat hari ini.

"Pelanggan atau pengguna jasa odong- odong jelas akan mencari dan hanya butuh pembiasaan. Meski dipindah, akan tetap mengikuti," kata Raditya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: