BPBD Tegaskan Gunung Slamet Aman, Ini Jumlah Pendaki Perhari

BPBD Tegaskan Gunung Slamet Aman, Ini Jumlah Pendaki Perhari

Penuh : Pendaki Gunung Slamet lewat Bambangan Kutabawa saat berkumpul mendaki.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PURBALINGGA menegaskan jika Gunung Slamet tetap aman. Meski ada gunung berapi lainnya yang erupsi, namun gunung dengan ketinggian 3.428 Mdpl ini tetap tidak terpengaruh.

Meski begitu, warga setempat juga tetap ikut memantau dan melaporkan kondisi visual gunung setiap waktu.

Kepala  BPBD Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko mengungkapkan, tidak ada data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) Bandung yang menyebutkan aktifitas Gunung Slamet meningkat karena pengaruh erupsi gunung api lainnya.

BACA JUGA: Selama Ramadan, Pendakian Gunung Slamet Bakal Tutup, Ini Alasannya

“Aman, artinya tidak ada peningkatan aktifitas yang memicu erupsi. Harapannya tidak ada aktifitas yang mengkhawatirkan. Karena ini gunung yang sangat diminati dan aman serta terkenal juga sebagai obyek wisata,” katanya, Selasa 7 Maret 2023.

Pihaknya juga tetap berpedoman pada informasi dari lembaga yang memiliki kewenangan. Yaitu PVMBG. Mereka memiliki keakuratan info terkait hal itu. Sembari tetap mengimbau agar masyarakat tetap tenang, tidak usah khawatir berlebihan, namun tetap waspada.

Selanjutnya, BPBD meminta masyarakat  tidak mudah terpengaruh oleh kabar-kabar yang belum tentu kebenarannya. Karena pemerintah pasti akan bersikap profesional, proporsional dalam melihat perkembangan gunung api ini.

Pengelola pendakian Gunung Slamet Bambangan, Saiful Amri mengatakan, jumlah pendaki per hari 15 sampai 20 orang. (amr)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: