Desa di Pesisir Cilacap Ditarget Dapat Pengakuan UNESCO Sebagai Masyarakat Siaga Tsunami

Desa di Pesisir Cilacap Ditarget Dapat Pengakuan UNESCO Sebagai Masyarakat Siaga Tsunami

Kondisi perairan selatan Cilacap -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Seluruh desa di pesisir CILACAP ditargetkan mendapatkan pengakuan oleh UNESCO sebagai masyarakat siaga tsunami.

Kepala BMKG Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, Cilacap merupakan wilayah yang rawan akan bencana gempa bumi dan tsunami.

"Untuk itu kami menargetkan desa di pesisir Kabupaten Cilacap mendapatkan pengakuan UNESCO dan dikatakan mampu sebagai masyarakat siaga tsunami," kata dia.

Hery mengatakan, untuk pelaksanaannya pun dilaksanakan secara bertahap. Dan melalui banyak prosedur penilaian oleh tim ahli.

"Target 2030 untuk semua desa. Untuk saat ini kita bertahap mulai dari Desa Karangtawang Kecamatan Nusawungu, kemudian Desa Sidaurip, Sidayu dan Widarapayung Wetan Kecamatan Binangun," ujarnya.

Dikatakan Hery, saat ini empat desa tersebut masih mendapatkan pendampingan. "Sebelum dinilai nanti untuk diverifikasi, kita masih lakukan pendamping. Agar desa-desa tersebut memenuhi beberapa indikator, seperti mitigasi bencana," ujar Hery. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: