Belum Semua Pelaku Ekonomi Kreatif Terdata Pemkab Purbalingga

Belum Semua Pelaku Ekonomi Kreatif Terdata Pemkab Purbalingga

Salah satu pelaku ekonomi kreatif atau industri kreatif di Purbalingga, yakni pembuatan gambar doodle.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Belum semua pelaku ekonomi kreatif atau industri kreatif di Kabupaten PURBALINGGA, sudah terdata oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PURBALINGGA.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga Prayitno mengungkapkan hal itu kepada Radarmas, Kamis, 2 Februari 2023.

Diungkapkan olehnya, saat ini baru 319 pelaku ekonomi kreatif yang terdata di Dinporapar. Yakni, di bagian Pariwisata, atau tepatnya sub ekonomi kreatif.

BACA JUGA:Beredar Video Mobil Terbakar di SPBU Karangmoncol Ternyata Hoax,Cek Faktanya!

"Menurut kami jumlah yang ada di Dinporapar bukan jumlah nyata di lapangan. Masih banyak yang belum terdata," lanjutnya.

Dijelaskan, ada 17 sub sektor ekonomi kreatif yang ada di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. 

Yakni, Pengembang Permainan, Arsitektur, Desain Interior, Musik, Seni Rupa, Desain Produk, Fesyen, Kuliner, Film Animasi dan Video, Fotografi, Desain Komunikasi Visual, Televisi dan Radio, Kriya, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan, serta Aplikasi.

BACA JUGA:Kuota Insentif Guru Ngaji Provinsi 2023 untuk 5.090 Penerima

Sebelumnya, diberitakan, setelah sukses dengan Zona Madang di Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor, Minggu, 29 Januari 2023. Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Purbalingga akan menggelar Purbalingga Art Corner, Minggu, 5 Februari 2023.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Purbalingga Adi "Oye" Purwanto mengatakan, Purbalingga Art Corner digelar untuk  menggeliatkan kreasi pelaku seni dan pelaku usaha kerajinan/craft. "Serta, memberikan ruang ekspresi dan promosi untuk pelaku seni dan pelaku usaha kerajinan/craft," katanya, Kamis, 2 Februari 2023.

Dia mengungkapkan selama  ini, para pelaku industri kreatif belum mendapatkan tempat, tersendiri unguk memperkenalkan hasil produksinya.

BACA JUGA:AW yang Lompat dari Jembatan Logawa Tidak Miliki Keturunan Gangguan Jiwa

Padahal di Purbalingga banyak bertumbuhan industri kreatif. Bahkan beberapa diantaranya mampu menembus pasar internasional. Sehingga, membutuhkan peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, untuk memajukan industri kreatif di Purbalingga.

"Ini merupakan wujud dukungan Pemkab (Purbalingga) tehadap industri kreatif dan pelaku seni," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: