Akibat Rel Kereta di Daerah Ini Terendam Arus, Beberapa KA Alami Keterlambatan

Akibat Rel Kereta di Daerah Ini Terendam Arus, Beberapa KA Alami Keterlambatan

Kondisi rel kereta yang tergenang banjir pada Rabu (5/1) sore. (Humas KAI Daop 5 Purwokerto)--

PURWOKERTO - Curah hujan yang tinggi masih terjadi di beberapa wilayah, hal ini berimbas pada jalur kereta yang tak bisa dilalui. Seperti di wilayah Daop 5 Purwokerto, tepatnya di petak jalan Stasiun Prupuk - Slawi. 

Kondisi jalur KA pada petak jalan Stasiun Prupuk - Slawi terjadi "gogosan" sepanjang 15 meter pada landasan balas kricak di bawah rel yang hanyut tergerus derasnya aliran air saat hujan. 

Balas kricak tersebut mestinya untuk penopang kekuatan jalur rel KA tersebut. Namun hilang terbawa arus air. Akhirnya, jalur KA tersebut dinyatakan tidak bisa dilalui oleh KA pada Rabu (5/1) pukul 17:35 wib.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro mengatakan hujan turun sejak siang dengan intensitas curah yang cukup tinggi di sekitar Stasiun Prupuk dan Slawi wilayah Daop 5 Purwokerto.

"Akibat kejadian itu sejumlah perjalanan Kereta Api baik KA penumpang dan barang yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto pada petak jalan tersebut mengalami gangguan kelambatan," kata dia.

Diantaranya KA 187 Joglosemarkerto relasi dari Stasiun Purwokerto - Semarang Tawang dan KA barang angkutan BBM yaitu KA 2624A Gamao Tanker posisi di Stasiun Slawi dan KA 2639 Gamao Tanker posisi di Stasiun Prupuk. 

Untuk mengurangi waktu kelambatan maka ditetapkan pola operasi "memutar" atau pengalihan rute perjalanan KA. Untuk menuju arah ke Semarang maka KA Joglosemarkerto mulai dari Stasiun Prupuk dialihkan melalui Stasiun Cirebon Prujakan ke Tegal. (mhd) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: