Cegah Luapan Air Saat Hujan, Drainase Tidak Boleh Ditutup Rapat

Cegah Luapan Air Saat Hujan, Drainase Tidak Boleh Ditutup Rapat

Masuk kegiatan prioritas, drainase di jalan Mohammad Besar Purwokerto sudah selesai dipasang (29/11/2022). Drainase memiliki lebar 40 cm, dengan kedalaman 60 cm serta memiliki panjang 163,2 m.-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Sebagian masyarakat yang memiliki hunian atau toko di tepi jalan raya, kerap menutup rapat drainase yang ada. Ditujukan memudahkan akses kendaraan keluar masuk rumah atau toko.

Kepala Bidang drainase dan Bina Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, Ari Sukraningrum mengatakan, tidak mempermasalahkan jika drainase ditutup. Asalkan ada celah untuk air masuk.

"Bisa ditambah dengan grill masih ada celah untuk air masuk," katanya.

Untuk pemasangan grill juga yang tidak permanen. Bisa dilepas untuk memudahkan pemeliharaan drainase. Seperti membersihkan sampah atau sedimen yang menghambat laju air.

"Kalau laju air terhambat, air akan meluap terutama saat hujan," imbuh Ari.

Ari pun mengharapkan, ada kontribusi dari masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan draianse. Dengan tidak membuang sampah di saluran air. Selain itu masyarakat juga bisa melakukan pembersihan drainase yang ada di dekat tempat tinggalnya. Bisa digalakkan lagi kerja bakti warga. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: