Dorong Upaya ODGJ Produktif, Kemranjen Bentuk KUBE

Dorong Upaya ODGJ Produktif, Kemranjen Bentuk KUBE

Narasumber dari RSUD Banyumas dan PPSLU Dewanata Cilacap mengisi penyuluhan kesehatan dan penguatan program desa sehat jiwa Karanggintung, Senin (5/12). (Lasminah untuk Radarmas)--

BANYUMAS-Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kecamatan Kemranjen mencatat sementara terdapat 15 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Desa Karanggintung Kecamatan Kemranjen.

Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya agar ODGJ dapat produktif. Sehingga, mereka memiliki kesibukan untuk mengisi waktu keseharian.

PSM Kecamatan Kemranjen Lasminah menyampaikan telah dilakukan penyuluhan kesehatan dan penguatan program desa sehat jiwa Karanggintung. Diantaranya melibatkan orang tua atau keluarga ODGJ.

"Setelah penyuluhan, tercetus wacana pembentukan KUBE, kelompok usaha bersama untuk ODGJ sesuai skill masing-masing," terang Lasminah, Jum'at (9/12).

Sehingga para ODGJ kembali percaya diri dan berkarakter serta produktif. Lasminah menuturkan mendukung penuh pembentukan KUBE.

Selain KUBE, juga pembentukan posyandu kader sehat jiwa Desa Karanggintung. Mengawal pola asuh, lingkungan, minum obat untuk para ODGJ purna rumah sakit atau panti rehabilitasi.

"Semoga Desa Karagintung bisa menjadi ujung tombak para ODGJ. Berperan dalam mengidentifikasi kelompok resiko," imbuh Lasminah.

Posyandu kader sehat jiwa berperan dalam pendataan dan melakukan deteksi dini. Juga, memotivasi pasien dan keluarga serta melakukan sosialisasi program kepada masyarakat. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: