96 Peserta Ikuti Festival Olahraga Disabilitas di GOR Satria Purwokerto

96 Peserta Ikuti Festival Olahraga Disabilitas di GOR Satria Purwokerto

Peserta Festival Olahraga Disabilitas NPCI Banyumas cabor bulu tangkis tengah melakukan pemanasan sebelum pertandingan di GOR Satria Purwokerto (18/9/2022).-Foto Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Festival Olahraga Disabilitas Kabupaten Banyumas resmi dibuka hari ini, di GOR Satria Purwokerto. 

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Banyumas Suwondo Geni mengatakan, festival tersebut diikuti oleh 96 peserta berkebutuhan khusus. 

"Dalam rangka pemanduan minat dan bakat khususnya bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Banyumas," kata dia. 

Suwondo menuturkan, festival olahraga disabilitas baru pertama kali di helat di Kabupaten Banyumas. Diharapkan dengan adanya ajang tersebut, bisa mewadahi minat dan bakat anak-anak disabilitas. 

"Tujuan pertama silahturahmi mengumpul beberapa warga Banyumas yang punya kebutuhan khusus. Ingin mengarahkan agar mereka punya potensi bakat," ucapnya. 

Nantinya, peserta yang mempunyai potensi akan direkomendasikan untuk mengikuti cabang olahraga yang sesuai dengan minat dan bakatnya. 

"Itu nanti akan kita masukan base data, dan akan kita susun jadwal untuk latihan. Besok akan ada talent scouting dari provinsi," ujarnya. 

Total ada lima cabang olahraga yang dilombakan meliputi atletik, catur, bulutangkis, tenis meja, dan renang. 

"Kita targetkan bisa mendapatkan 50 atlet. Rencananya akan kita rutinkan setiap tahun," jelas dia. 

Sementara itu salah satu peserta festival olahraga disabilitas Safrudi Supriyadi (21) asal Desa Limpakuwus, Sumbang mengatakan, baru kali pertama ikut festival seperti ini. 

"Motivasinya ingin mengangkat derajat orang tua dan mengharumkan nama Banyumas di kancah nasional hingga dunia," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: