Tangani Masalah Sampah, Pemkab Purbalingga Andalkan TPS3R

Tangani Masalah Sampah, Pemkab Purbalingga Andalkan TPS3R

Dyah Hayuning Pratiwi saat menyampaikan jawaban bupati atas pandangan umum fraksi di DPRD, Kamis, di September 2022.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) menjadi andalan penanganan masalah Sampah di Kabupaten PURBALINGGA.

Hal itu, diungkapkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menanggapi pertanyaan Fraksi Amanat Nasional (FAN) terkait Raperda tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kamis, 8 September 2022.

"DLH telah melakukan kerjasama dengan pihak ketiga atau kelompok swadaya masyarakat ini dalam rangka mengurangi volume sampah yang akan didistribusikan ke TPA melalui pemanfaatan TPS3R." kata Bupati dalam Rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Purbalingga.

BACA JUGA:Pengusaha Transportasi Bus AKAP dan AKDP di Cilacap Terpaksa Naikan Tarif

Dia menambahkan Pemerintah Kabupaten Purbalingga saat ini sudah memiliki 6 TPS3R di Purbalingga.

Pembuatan TPST tersebut dibuat atas dasar belajar dari optimalnya pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas.

Salah satunya berkat keberadaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di tiap kecamatan. 

BACA JUGA:Bukannya Untung Malah 'Buntung', Nelayan Jetis Cilacap Terdampak Kenaikan BBM

Dijelaskan, TPST mengelola sampah sampai selesai (zero waste, red) tanpa membuang sampah ke TPA. Hal tersebut belum dimiliki Purbalingga. Sehingga, TPS3R yang ada perlu didorong menjadi embrio TPST.

"Untuk membangun satu TPST butuh anggaran minimal Rp 3 milyar. Jadi bisa dibayangkan keberhasilan penanganan sampah di Banyumas membutuhkan hampir Rp 75 miliar. Dengan kemampuan anggaran Pemkab Purbalingga yang terbatas, kita berupaya agar TPS3R yang sudah terbentuk kita optimalkan sehingga bisa menghasilkan manfaat seperti TPST di Banyumas," jelasnya.

Pemkab Purbalingga juga tidak diam, Bupati juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar bisa dibantu pembangunan TPST di Purbalingga.

BACA JUGA:Sempat Buat Arus Lalin Tersendat, Pohon Tumbang di Jalan Lingkar Syekh Maqdum Wali Sudah Ditangani

Sebagai informasi Pemkab Purbalingga tetap memperhatikan penanganan sampah di hilir, yakni pembangunan infrastruktur Zona Landfill di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kalipancur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: