Operasi Pasar Cabai Digelar di Purwokerto

Operasi Pasar Cabai Digelar di Purwokerto

Petugas operasi pasar cabai rawit merah dan cabai merah keriting menimbang cabai yang didistribusikan, di Aula Dinperindag Banyumas, Senin (8/8)-Foto Laily Media Y/Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas menyelenggarakan operasi pasar cabai. Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Dinperindag Kabupaten Banyumas, Senin (8/8) merupakan kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, PT Bawor Tani Sejahtera, dan TPID Banyumas.

Sub Koordinator Seksi Informasi dan Promosi Dagang Bidang Perdagangan Dinperindag Kabupaten Banyumas, Didik Haridik Nasaro Godiarsi mengatakan, pada operasi pasar ini bekerja sama dengan PT Bawor Tani Sejahtera untuk memberi subsidi Rp 5 ribu per kilogram (kg). Namun karena ambil cabai dari petani Boyolali dan memangkas jalur distribusi, harga yang didapat lebih rendah dari pasaran.

"Jadi total subsidi bisa sampai Rp 10 ribu per kg," katanya.

Operasi pasar tersebut berlangsung satu hari saja. Akan dilakukan evaluasi dengan melihat situasi dan kondisi ke depannya.

"Kalau harga masih tinggi, kami akan adakan operasi pasar cabai lagi, tapi tetap menyesuaikan anggaran yang ada untuk subsidi," ujar Didik.

Selain untuk menstabilkan harga, operasi pasar cabai kali ini secara luas bertujuan menekan inflasi. Pasalnya, cabai jadi salah satu penyumbang inflasi di Purwokerto. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: