Bapedalitbang Kabupaten Banyumas Beri Penghargaan Pemenang Lomba Krenova
FOTO BERSAMA. Kepala Bapedalitbang Kabupaten Banyumas Kristanta (lima dari kiri) berfoto bersama para pemenang lomba Krenova tahun 2021. PURWOKERTO - Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbang) Kabupaten Banyumas, memberikan penghargaan bagi pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Kabupaten Banyumas Tahun 2021 Kamis, (23/12) di Hotel Luminor Purwokerto. Ada dua kategori yang dilombakan yaitu kategori aplikasi dan teknologi tepat guna, dengan total hadiah yang diberikan Rp 27 juta. Kepala Bapedalitbang Kabupaten Banyumas Kristanta mengatakan, ajang Krenova tahun ini diikuti oleh 36 peserta yang mayoritas didominasi oleh anak-anak Milenial. Masing-masing kategori diambil tiga pemenang. "Tahun 2022 provinsi biasanya minta mengusulkan peserta, nanti akan kita usulkan pemenang saat ini ke provinsi. Biasanya, waktu kemarin ada beberapa inovasi dari lomba ini bisa mandiri dan mengembangkan. Dan ada juga dari investor tahu ada inovasi kemudian dikembangkan lagi," katanya saat Penghargaan Pemenang Krenova 2021 dan Coaching Pengembangan Produk Inovasi Masyarakat Kabupaten Banyumas. Ajang Krenova sendiri ia jelaskan, dimaksudkan bisa menjadi stimulus bagi masyarakat Kabupaten Banyumas terutama anak-anak muda agar semakin kreatif dan inovatif. "Rencana ke depan akan kita temukan, antara inovator dengan para investor. Coba nanti ketemu, nanti kita punya inovasi dari investor yang tertarik apa jadi bisa nyambung dan bisa diajak kerjasama. Juga ke depan, karya inovatif itu akan terus dikolaborasikan dengan berbagai pihak, termasuk dengan jajaran OPD pemkab Banyumas, kalangan dunia usaha atau industri dan akademisi," ucapnya. Lanjut, karya-karya inovasi juga akan ditindaklanjuti dengan pendampingan dan fasilitasi terkait legalitas produk ke paten atau HAKI agar karya atau produk tersebut signifikan menjawab masa depan usahanya. "Jangan sampai produk atau karya-karya inovatif itu berhenti di tingkat penyerahan hadiah, tetapi harus bisa dimanfaatkan oleh dunia usaha atau instansi yang membutuhkan. Disinilah perlunya kolaborasi lintas kepentingan perlu terus dikembangkan selanjutnya," paparnya. Kepada pemenang lomba Krenova ia berharap agar, apa yang sudah dibuat bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Banyumas. "Harapan kami kepada para pemenang, ini adalah inovasi yang murah, sederhana, dan mudah perawatannya bisa digunakan masyarakat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Banyumas dan umumnya di Indonesia," jelasnya. https://radarbanyumas.co.id/fokus-tujuh-sektor-industri-dalam-peningkatan-inovasi-dan-daya-saing-menuju-indonesia-4-0/ Untuk pemenang kategori aplikasi Juara 1 mendapatkan hadiah Rp 5 juta dimenangkan oleh Inovator Sudianto, M.Kom dengan inovasi SMART GEOCANE. Juara 2 dengan inovasi HOMPIMPA.ID. karya inovator tim Hompimpa.id (Febrianti Dwisetyarini, Hilmy Febrian Nugraha, Hendrat Sasongko) mendapatkan hadiah Rp 4,5 juta. Dan Juara 3 diraih oleh inovator Tim YAKUT (Muhammad Junaedi, Rangga Cahyo Mukti Laksana, Bernardus Tegar Hermawan, Sofian Bagus Juniar, dan Agi Prasetiadi ST.,M.Eng.) dengan inovasi VIREGRA (Virtual Reality Tuna Grahita) membawa pulang hadiah Rp 4 juta. Sedangkan untuk kategori teknologi tepat guna, Juara 1 diraih oleh inovator Tim Blakasutha HS (Faiz Karmani, Rizqi Munif Karmani, Nurrudin Apriawan Musolih, E.A.P Willy Wijaya, Pangestu Adi Wiyasa) dengan nama inovasi FOBOS ROADS mendapatkan hadiah Rp 5 juta. Juara 2 dengan inovasi MESIN PENIMBANG OTOMATIS (Dispenser Beras) karya inovator Dono Husodo mendapatkan Rp 4,5 juta. Dan Juara 3 dengan inovasi TOCOCO CHIPS, inovator dari Alfito Yuro Yudistiro mendapatkan hadiah Rp 4 juta. (aam/Rdr)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: