Bagian Motor Matic yang Harus Rutin Diperiksa

Beberapa bagian yang harus rutin Anda periksa pada sepeda motor matic Anda.-Fahma Ardiana-
Faktor keamanan dan keselamatan saat berkendara adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Salah satu komponen motor yang berpengaruh besar terhadap keselamatan adalah sistem pengereman.
Jika rem sudah dalam keadaan aus, daya cengkram rem pun akan menurun, yang dapat mengakibatkan risiko kecelakaan.
BACA JUGA:Mengintip Motor Matic Murah dengan Inovasi Terbarunya
BACA JUGA:Persamaan dan Perbedaan Motor Matic Honda BeAT CBS ISS dan Deluxe, Manakah Favoritmu?
Ini adalah alasan krusial mengapa kondisi kampas rem perlu diperiksa secara rutin saat melakukan pemeliharaan sepeda motor matic.
5. Filter Udara
Peran filter udara adalah untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran agar tidak terdapat kotoran yang bisa mengganggu sistem injeksi dan karburator.
Umumnya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum teknisi menentukan apakah filter udara masih dapat dibersihkan atau perlu dilakukan penggantian.
6. Aki atau Accu
Tegangan yang ideal pada aki seharusnya berada di antara 12,3-12,6 Volt ketika mesin dalam keadaan mati. Sementara itu, jika mesin dalam keadaan menyala, tegangan aki berada pada rentang 13,7 - 14,2 Volt.
BACA JUGA:Berapa Biaya Service Motor Matic Yamaha Fazzio Hybrid Connected? ini Estimasi Detailnya
BACA JUGA:Sepele tapi Penting, Begini Tips Service Motor Matic Mandiri Agar Performa Serasa Baru Terus
Apabila tegangan aki tidak sesuai dengan standar tersebut, terdapat kebocoran, atau terminal mengalami karat, maka teknisi harus melakukan pemeriksaan yang lebih mendetail.
Aki yang sudah tidak dalam kondisi baik sebaiknya segera diganti agar kamu tetap dapat menggunakan sepeda motor matic secara nyaman.
7. Ban
Pemeriksaan terhadap ban juga sangat penting dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan, seharusnya kamu menilai kondisi ban terlebih dahulu sebelum menyalakan motor.
Namun, aat servis motor, teknisi akan lebih memfokuskan perhatian pada tekanan udara di dalam ban, kondisi keseluruhan ban (apakah sudah gundul atau tidak), dan hal-hal lainnya.
8. Tune up Motor Rutin
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: