Pengawasan Partisipatif Pilkada, Bawaslu Banyumas Rangkul Kelompok Disabilitas

Pengawasan Partisipatif Pilkada, Bawaslu Banyumas Rangkul Kelompok Disabilitas

Ketua Bawaslu Banyumas Imam Arif menyampaikan sambutan pada acara Panggung Apresiasi Disabilitas Banyumas.-ALWI SAFRUDIN/RADARMAS -

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyumas menggelar panggung apresiasi kelompok disabilitas.

Acara dilaksanakan di Madhang Maning Park pada Minggu (13/10/2024), sebagai upaya Bawaslu Banyumas melibatkan kelompok disabilitas dalam pengawasan Pilkada di Kabupaten Banyumas.

Acara yang bertajuk Expo Sesarengan Ngawasi dalam rangka Pengawasan Partisipatif Pilkada Panggung Apresiasi Disabilitas Banyumas, diawali dengan band pembuka dari Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) dan Bina Akses Tuna Daksa.

Ketua Bawaslu Banyumas Imam Arif mengatakan, langkah ini dilakukan demi menjamin hak pilih penyandang disabilitas terakomodasi secara optimal dalam proses pemilu. Serta memastikan fasilitas tempat pemungutan suara (TPS) ramah bagi mereka.

BACA JUGA:Pilkada Banyumas 2024 Hanya Satu Pasangan Calon, Debat Ditiadakan

BACA JUGA:Tim Cyber Bawaslu Banyumas Pantau Medsos, Pastikan Netralitas ASN, TNI-POLRI

Imam menyampaikan, pelibatan kelompok disabilitas dalam pengawasan partisipatif masyarakat untuk memastikan bahwa mereka telah terdaftar sebagai pemilih dan dapat menggunakan hak suaranya secara setara.

Acara ini mengundang berbagai kelompok disabilitas yang ada di Banyumas seperti Gerkatin, Soina, SMP Permata Hati, Bina Akses, dan SLB Yakut.

Bawaslu berharap acara ini sebagai komitmen bersama menciptakan Pilkada yang inklusif, transparan, dan adil untuk semua kalangan. Termasuk mereka yang selama ini dianggap sebagai kelompok rentan. (alw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: