Mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains UMP Magang di I-Shou University Taiwan untuk Pengembangan Teknik Sipil

Mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains UMP Magang di I-Shou University Taiwan untuk Pengembangan Teknik Sipil

Mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains UMP Magang di I-Shou University Taiwan untuk Pengembangan Teknik Sipil-HUMAS UMP UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) saat ini tengah menjalani program magang di I-Shou University, Taiwan, dalam upaya memperdalam pengetahuan mereka di bidang teknik sipil. Program pertukaran ini juga melibatkan mahasiswa dari Universitas Mizoram, India, dan dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada para peserta dalam mengelola proyek infrastruktur.

Dekan FTS UMP, Dr. Ir. Iskahar, S.T., M.T., menjelaskan, selama beberapa minggu terakhir, para mahasiswa tidak hanya mengikuti perkuliahan, tetapi juga melakukan kunjungan lapangan ke berbagai lokasi konstruksi teknik sipil, termasuk proyek pembangunan pipa pembuangan limbah. 

“Kunjungan lapangan ke proyek-proyek teknik sipil memberikan mahasiswa pemahaman praktis mengenai kompleksitas dan tantangan dalam pembangunan infrastruktur. Kami berharap pengalaman ini dapat memperkaya wawasan mereka serta membantu mereka merancang proyek yang lebih berkelanjutan,” kata Dr Iskahar, Minggu, (13/10).

Sementara itu, Kaprodi Teknik Sipil UMP Dr Juanita menyampaikan program ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli yang siap berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan di masa mendatang. Para mahasiswa akan diminta untuk mengusulkan topik penelitian yang ingin mereka eksplorasi selama program magang ini. Pada akhir semester, mereka diharapkan dapat menyusun laporan komprehensif mengenai pengalaman dan temuan mereka selama di I-Shou University.

“Program magang ini tidak hanya memperkuat hubungan akademik antara UMP dan I-Shou University, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa UMP untuk belajar dan bertukar pengalaman dengan mahasiswa internasional. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi kolaborasi masa depan dalam proyek-proyek teknik sipil yang lebih besar di antara kedua universitas,” pungkasnya.(tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: