7 Cara Merawat Motor Murah Agar Selalu Terjaga Keawetanya

7 Cara Merawat Motor Murah Agar Selalu Terjaga Keawetanya

Dengan perawatan yang tepat, motor murah pun bisa tetap awet dan berfungsi optimal dalam jangka waktu yang lama-Indah Citra-

RADARBANYUMAS.CO.ID  - Memiliki motor murah bukan berarti harus mengorbankan kualitas dan daya tahan kendaraan. Dengan perawatan yang tepat, motor murah pun bisa tetap awet dan berfungsi optimal dalam jangka waktu yang lama. 

Untuk itu, menjaga kondisi motor agar selalu dalam performa terbaik menjadi hal penting, terlebih bagi mereka yang menggunakan motor sebagai alat transportasi utama sehari-hari.

Dan berikut ini merupakan 7 cara yang dapat dilakukan untuk merawat motor murah agar tetap awet dan nyaman digunakan:

BACA JUGA:Tips Merawat Motor Matic Yamaha Mio yang Harus Dipahami

BACA JUGA:7 Tips Merawat Motor Listrik Sport

1. Rutin Melakukan Servis Berkala

Salah satu langkah terpenting untuk menjaga motor tetap awet adalah dengan melakukan servis berkala. Setiap pabrikan motor biasanya menyarankan jadwal servis rutin, misalnya setiap 3.000-4.000 kilometer atau setiap tiga bulan sekali, tergantung dari penggunaan. 

Saat servis, teknisi akan memeriksa kondisi mesin, kelistrikan, dan komponen lain yang berpengaruh terhadap kinerja motor.

Dengan melakukan servis rutin, masalah kecil pada motor bisa segera terdeteksi dan diatasi sebelum berkembang menjadi masalah besar yang membutuhkan biaya perbaikan lebih mahal. 

Selain itu, dengan melakukan servis berkala, motor akan tetap dalam kondisi prima, baik dari segi performa maupun efisiensi bahan bakar.

BACA JUGA:Ingin Motor Matic Awer dan Panjang Umur ? Ini 8 Tips Mudah Merawat Motor Matic

BACA JUGA:Tips Merawat Motor Matic Vespa Agar Selalu Prima

2. Mengganti Oli Secara Teratur

Penggantian oli mesin secara teratur sangat penting untuk menjaga keawetan mesin motor. Oli berfungsi melumasi mesin agar gesekan antar komponen berkurang, serta mencegah mesin mengalami keausan yang berlebihan. 

Oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin saat suhu naik akibat penggunaan. Biasanya, oli mesin harus diganti setiap 2.000-3.000 kilometer atau setiap 2-3 bulan sekali, tergantung pada kondisi penggunaan motor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: