Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic yang Jarang Diketahui

Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic yang Jarang Diketahui

Beberapa fungsi dari oli gardan untuk sepeda motor matic yang jarang diketahui dan harus pengguna pahami mulai sekarang. -Fahma Ardiana-

Sehingga tidak akan terjadi overheat pada saat sepeda motor matic digunakan. Sebab, pada saat bekerja akan terjadi gesekan antara komponen sepeda motor matic yang bisa menghasilkan panas.

2. Memberikan Efek Pelumasan 

Fungsi lain dari oli gardan yakni melakukan pelumasan pada transmisi otomatis. Fungsi inilah yang paling umum diketahui dari oli gardan, meskipun ternyata terdapat banyak fungsi yang dimiliki.

Pelumasan yang dilakukan oli gardan meliputi berbagai komponen di dalam transmisi otomatis, seperti roller, gear ratio, v-belt, dan lain-lain. Saat bekerja, oli gardan berperan mengurangi gesekan motor matic menjadi lebih halus.

3. Mengurangi Risiko Karat pada Komponen

Sebagaimana diketahui, gardan terletak di bagian bawah komponen pada sepeda motor matic. Sehingga terjadinya karat dan korosi akibat cuaca tidak bisa dihindarkan, meskipun dalam jangka waktu yang panjang.

BACA JUGA:Gak Sampai Bangkrut! Ini Daftar Harga Motor Matic 110-125 CC Terbaru Buat Kamu yang Irit, Mulai Rp 14 Jutaan

BACA JUGA:Bingung Pilih Antara Honda PCX dan Honda ADV ? Simak Dulu Perbandingan Kedua Motor Matic Bongsor Tersebut

 

Oli mesin berfungsi untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya karat pada gardan sepeda motor matic. Sehingga saat sepeda motor matic digunakan akan terasa tetap nyaman dan aman.

4. Meredam Suara Berisik dari Komponen

Pada saat bekerja, komponen yang terdapat di dalam transmisi otomatis sepeda motor matic akan saling bergesekan. Terutama gigi-gigi yang terdapat di dalam gardan.

Oleh sebab itu, oli gardan berperan untuk mencegah suara yang muncul dari gesekan tersebut. 

5. Menjaga Komponen tetap Bersih

Selain berbagai fungsi yang disebutkan di atas, oli gardan juga memiliki fungsi lain untuk menjaga kebersihan berbagai komponen di transmisi otomatis sepeda motor matic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: