Arti dan Penyebab Munculnya Kode 12 pada Motor Matic Yamaha

Arti dan Penyebab Munculnya Kode 12 pada Motor Matic Yamaha

Mengenai arti dan penyebab dari munculnya kode 12 pada sepeda motor matic Yamaha lengkap dengan cara untuk memperbaikinya.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Pernahkah Anda menemukan kode 12 pada speedometer sepeda motor matic Yamaha Anda?

Kode misterius ini seringkali menimbulkan kebingungan dan kekhawatiran, terutama pada model sepeda motor matic Yamaha Aerox.

Indikator ini menunjukkan adanya masalah pada komponen utama mesin yang bertanggung jawab mengendalikan pengapian mesin sepeda motor matic. Hal ini tidak boleh dianggap remeh.

Jika dibiarkan, mesin bisa tiba-tiba mati dan menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Kode ini sebenarnya merupakan salah satu fitur khusus pada motor matic Yamaha Aerox, yang memudahkan untuk mengidentifikasi permasalahan.

Arti Kode 12 pada Motor matic Yamaha

Arti kode 12 di speedometer sepeda motor matic Yamaha menandakan ada masalah pada CPS atau posisi engkol tengah.

BACA JUGA:Nih Harga Motor Matic Yamaha XMax 250, Cuma Rp 61 Jutaan dengan Fitur Super Nyaman!

BACA JUGA:Kaki Rileks, Dompet Nggak Tekor! Harga Motor Matic Yamaha Nmax Cuma Rp 30 Jutaan

 

CPS merupakan komponen yang sangat penting dan bertugas untuk mendeteksi posisi engkol dan mengirimkan sinyal ke Engine Control Unit (ECU).

Sinyal ini digunakan oleh ECU untuk menentukan waktu pengapian yang tepat. Jika CPS rusak maka ECU tidak dapat membaca informasi dengan benar sehingga menyebabkan masalah mesin.

Misalnya sepeda motor matic berhenti tiba-tiba atau kesulitan memulai. Penyebab utama kerusakan pada CPS sendiri antara lain kerusakan fisik, korsleting, atau korosi pada sambungannya.

Penyebab Kode 12 Muncul di Motor Matic Yamaha

Selain penyebab utama seperti masalah CPS dan kelistrikan, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kode 12 muncul di sepeda motor matic Yamaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: