Fungsi dan Cara Merawat Kampas Rem pada Sepeda Motor Matic

Fungsi dan Cara Merawat Kampas Rem pada Sepeda Motor Matic

Mengenai beberapa fungsi kampas rem pada sepeda motor matic serta cara untuk merawatnya yang bisa Anda lakukan agar kampas rem sepeda motor matic tetap prima.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Sistem pengereman kendaraan terdiri dari berbagai komponen, termasuk kampas rem. kampas rem ini berperan penting dalam menjaga kondisi kendaraan saat pengemudi menginjak rem.

Rem ada dua jenis, yaitu rem tromol dan rem cakram. Rem tromol memiliki luas permukaan yang besar dan terutama digunakan pada kendaraan besar seperti bus dan truk.

Rem cakram saat ini banyak digunakan pada kendaraan kecil seperti mobil dan sepeda motor termasuk sepeda motor matic.

Apa itu kampas rem?

Kampas rem adalah bagian besi untuk mendorong permukaan roda pada saat rem motor matic ditarik. Karena terbuat dari besi, akan terjadi gesekan jika bersentuhan dengan roda, sehingga menimbulkan panas dan kebisingan.

BACA JUGA:Promo Pembelian Bensin untuk Motor Matic di SPBU Untung Cashback Rp10 Ribu, Bisa Buat Belanja Online

BACA JUGA:Cara Memodifikasi Motor Matic Honda Vario 125 Agar Performa Meningkat dan Jadi Lebih Stylish

 

Untuk mencegah hal ini, saluran rem dipasang pada permukaan pengereman. Kampas rem adalah bagian yang digunakan pada sistem pengereman sepeda motor matic.

Bila ditekan pada rem cakram atau tromol, alat ini menimbulkan gesekan yang dapat memperlambat atau menghentikan putaran roda.

Kampas rem yang terbuat dari campuran logam dan resin, dapat ditempelkan pada bantalan rem sepeda motor matic. Bagian terpal ini tidak boleh diabaikan saat pemeriksaan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Fungsi Kampas Rem

Kampas rem mempunyai peranan yang kompleks pada sebuah kendaraan termasuk sepeda motor matic. Berikut beberapa fungsi kampas rem sepeda motor matic yang perlu Anda ketahui.

1. Memperlambat dan Menghentikan Laju Motor Matic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: