Ingin Pakai Engine Brake untuk Motor Matic ? Simak Caranya di Sini

Ingin Pakai Engine Brake untuk Motor Matic ? Simak Caranya di Sini

Mengenai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaplikasikan engine brake pada sepeda motor matic dan juga komponennya.-Fahma Ardiana-

Biasanya pada kendaraan bertransmisi manual, engine brake atau pengurangan kecepatan kendaraan dengan menggunakan tahanan putaran mesin.

Meski demikian, bukan berarti kendaraan bertransmisi otomatis seperti sepeda motor matic tidak bisa menggunakan teknologi tersebut untuk mengurangi kecepatan kendaraannya.

Cara ini biasanya diperlukan untuk mengurangi penggunaan rem saat kendaraan sepeda motor matic melaju di daerah miring atau berbukit.

Alasannya adalah seringnya menginjak rem sepeda motor matic dapat menyebabkan terjadinya vapor lock, atau adanya uap air pada sistem rem yang dapat mengakibatkan rem tidak berfungsi atau rusak.

BACA JUGA:Bagian Ini yang Harus Diperiksa Saat Mesin Motor Matic Yamaha NMax Mengeluarkan Suara Kasar

BACA JUGA:Jadi Salah Satu Motor Matic Murah Terfavorit , Inilah Kelebihan Motor Matic All New Honda Scoopy 2024

Begitu pula pada kendaraan beroda, penggunaan rem tangan yang terlalu sering dapat menyebabkan rem sepeda motor matic merenggang dan tidak efektif. Terdapat teknologi khusus untuk engine brake pada sepeda motor matic. 

Ini adalah engine brake yang bisa digunakan saat sepeda motor matic menuruni tanjakan terjal. Selain menggunakan rem depan dan belakang secara bergantian, pengemudi juga dapat memanfaatkan engine brake secara maksimal. 

Hal ini dapat dicapai dengan menjaga putaran gas sepeda motor matic tetap rendah.

Khusus pada sepeda motor matic, untuk menghasilkan pengereman mesin, perlu menahan throttle dan menutup kopling untuk menekan kenaikan kecepatan roda belakang pada putaran mesin rendah.

BACA JUGA:Hal yang Harus Diperiksa Dengan Cermat Saat Membeli Motor Matic Vespa Second

BACA JUGA:Motor Matic Keren yang Bisa Kamu Bawa ke Festival Kentongan Banyumas

Dengan rem mesin ini, Anda dapat menghindari panas rem yang berlebihan. Mengerem terlalu sering dapat menyebabkan rem sepeda motor matic menjadi terlalu panas sehingga tidak berfungsi.

Kecelakaan ini sering terjadi ketika motor matic melaju di medan berbukit dan terlalu sering mengerem. Mengenai teknik pengereman, ada berbagai macam teknik dalam menggunakan pengereman otomatis pada motor matic.

Misalnya saat menggunakan rem depan dan rem belakang motor matic secara bersamaan, saat menggunakan rem belakang saja, atau saat digunakan secara bergantian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: