Tips yang Bisa Dilakukan Saat Modifikasi Motor Matic Agar Lebih Irit Bensin

Tips yang Bisa Dilakukan Saat Modifikasi Motor Matic Agar Lebih Irit Bensin

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memodifikasi sepeda motor matic Anda agar menjadi lebih irit bbm.-Fahma Ardiana-

Busi standar sepeda motor matic umumnya terbuat dari bahan nikel. Mengganti busi biasa dengan busi berkualitas diyakini akan mengurangi konsumsi bahan bakar sepeda motor matic.

BACA JUGA:Yuk Intip Motor Matic Vespa LX 125 yang Pernah Di Pakai Punggawa Timnas Marselino Ferdinan

BACA JUGA:Motor Matic yang Bagasinya Muat Helm di Bawah Rp 20 Juta

Hal ini dikarenakan pembakaran yang lebih sempurna. Busi Iridium memberikan penghematan bahan bakar yang lebih baik lagi. Busi jenis ini digambarkan memiliki diameter elektroda yang tipis.

Hal ini juga mengurangi resistensi terhadap penyebaran api. Namun mengganti busi standar dengan Iridium juga memerlukan penyesuaian kembali semprotan bahan bakar.

Kini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa busi memegang peranan penting dalam proses berfungsinya sebuah mesin motor matic. Jika Anda tidak ingin mengganti busi Anda dengan busi iridium, Anda bisa melakukan perawatan rutin.

Mulailah dengan memeriksa kondisinya dan jika rusak bersihkan atau ganti dengan tipe yang sama. Langkah-langkah ini juga mengurangi konsumsi bahan bakar sepeda motor matic.

4. Menjaga Bobot Sepeda Motor Matic

Logikanya, bobot sepeda motor matic juga berkaitan dengan konsumsi bahan bakar. Bobot yang lebih besar mempersulit pengoperasian alat berat, yang pada akhirnya menyebabkan pemborosan material.

BACA JUGA:9 Motor Matic dengan Kelas 400 cc

BACA JUGA:Sat-Set! Motor Matic Murah yang Bodinya Enteng Banget

Sebaliknya, sepeda motor matic yang lebih ringan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar. Namun, mohon jangan menjadikan hal ini sebagai alasan untuk melepas komponen dari motor matic, atau melanggar peraturan lalu lintas.

Alternatifnya, pemilik sepeda motor matic bisa mengganti bodi dengan material yang lebih ringan seperti serat karbon, meski harganya cukup tinggi.

Contoh lain dari pengurangan bobot sepeda motor matic adalah penggunaan pelek magnesium tempa dan sistem pembuangan titanium. 

Semua ini membuat sepeda motor matic Anda lebih ringan dan dompet Anda lebih ramping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: