Tips Merawat Aki Sepeda Motor Matic yang Jarang Digunakan Agar Performanya Tidak Menurun

Tips Merawat Aki Sepeda Motor Matic yang Jarang Digunakan Agar Performanya Tidak Menurun

Beberapa tips untuk merawat aki sepeda motor matic Anda yang jarang digunakan agar performanya tidak menurun.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Sangat penting untuk membaca tips agar aki motor matic Anda tidak cepat habis. Pasalnya, aki merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting pada sepeda motor matic

Aki tidak hanya berfungsi sebagai kunci utama untuk menghidupkan starter mesin, tetapi juga untuk menghidupkan komponen kelistrikan lainnya. Saat aki sepeda motor matic mati, masalah pasti akan selalu terjadi.

Jika itu terjadi, tentu akan merepotkan Anda sebagai pemilik sepeda motor matic. Oleh sebab itu, berikut di bawah ini beberapa tips merawat aki sepeda motor matic Anda yang jarang digunakan agar performanya tidak menurun.

1. Jangan menggunakan aksesoris berlebihan

Menggunakan terlalu banyak aksesoris, seperti menambahkan lampu, perlengkapan audio, atau menggunakan klakson yang keras, pasti akan menguras aki sepeda motor matic Anda.

BACA JUGA:Mau Kredit Motor Matic Scoopy? Cicilan Murah Cuma Rp1 Jutaan, ini Simulasinya

BACA JUGA:Mau Ganti Bohlam Lampu Motor Matic? Jangan Lakukan ini Ya Dek Ya

Oleh karena itu, jangan menggunakan aksesoris sepeda motor matic yang berlebihan.

2. Jangan memaksakan starter elektrik

Jika mesin sepeda motor matic sulit dihidupkan, jangan menghidupkan starter elektrik secara paksa, karena akan menghabiskan banyak energi aki. Gunakan starter manual atau biasa disebut engkol.

3. Panaskan sepeda motor matic secara rutin

Seiring berjalannya waktu, sel aki sepeda motor matic akan menjadi kosong. Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan pemanasan mesin sepeda motor matic secara rutin minimal 15 menit setiap hari.

4. Matikan komponen kelistrikan saat hendak mematikan sepeda motor matic

Pada saat mematikan sepeda motor matic, matikan komponen kelistrikan untuk menghindari konsumsi aki yang berlebihan pada saat sepeda motor dihidupkan kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: