Perbandingan Antara Motor Matic All New Honda Beat vs Yamaha Gear, Siapa Pemenangnya?

Perbandingan Antara Motor Matic All New Honda Beat vs Yamaha Gear, Siapa Pemenangnya?

Perbandingan Antara Motor Matic All New Honda Beat vs Yamaha Gear, Siapa Pemenangnya?-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Perbandingan antara motor matic All New Honda Beat vs Yamaha Gear, merupakan pilihan tepat bagi pengendara yang mencari skutik entry-level stylish, irit bahan bakar, dan handal untuk penggunaan sehari-hari.

Kawasan perkotaan yang padat dan dinamis menuntut kendaraan yang praktis dan efisien. Skuter matic, dengan transmisi otomatis dan manuver lincah, menjadi primadona untuk mobilitas sehari-hari.

Di kelas entry-level, persaingan antara pabrikan motor ternama selalu sengit. Dua nama yang kerap menjadi sorotan adalah All New Honda Beat dan Yamaha Gear.



Baik Beat maupun Gear menawarkan desain stylish, performa mumpuni, dan irit bahan bakar. Namun, manakah yang lebih unggul dan pantas menjadi juara di segmen skuter matic entry-level?

BACA JUGA:5 Motor Matic Suzuki Nex II Terbaru 2024 , dari Standard Sampai Elegant Premium

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Honda BeAT 2024 yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

Untuk menjawabnya, mari kita bedah 7 perbandingan antara motor matic All New Honda Beat vs Yamaha Gear:

1. Desain dan Dimensi

a. Desain

All New Honda Beat hadir dengan desain sporty dan ramping, lekukan tajam pada bodi dan lampu depan sipit menciptakan kesan agresif. Sementara Yamaha Gear tampil beda dengan gaya retro modern.

Desain membulat dan penggunaan lampu depan bulat, memberikan aura klasik yang dipadukan dengan sentuhan modern. Pilihan desain tentunya bergantung pada selera masing-masing.

Beat cocok untuk pengendara yang menyukai tampilan sporty dan dinamis. Gear, di sisi lain, menawarkan gaya retro yang unik dan sedang tren.

b. Dimensi

Dimensi kedua motor ini memiliki sedikit perbedaan. Gear sedikit lebih panjang (1870 mm) dan tinggi (1060 mm) dibandingkan Beat (1877 mm dan 1080 mm).

BACA JUGA:15 Hal yang Wajib Dilakukan saat Motor Matic Jarang Dipakai

BACA JUGA:Harus Tau! 7 Keunggulan Noken As Racing Jika Dipasang Pada Motor Matic

Namun, Beat sedikit lebih lebar (669 mm) dibandingkan Gear (685 mm). Jarak sumbu roda Gear tercatat lebih panjang (1260 mm) dibanding Beat (1255 mm).

Jarak sumbu roda yang lebih panjang pada Gear menandakan stabilitas yang lebih baik, terutama saat pada kecepatan tinggi.

2. Mesin dan Performa

a. Mesin

All New Honda Beat mengandalkan mesin 110cc eSP (enhanced Smart Power), yang terkenal dengan efisiensi bahan bakarnya. Sementara Yamaha Gear dibekali mesin berkapasitas lebih besar, yakni 125cc.

Kapasitas mesin yang lebih besar ini membuat Gear unggul dalam performa. Gear mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan Beat.

b. Performa

Tenaga dan torsi yang lebih besar pada motor matic Yamaha Gear, membuatnya lebih unggul dalam hal akselerasi dan menaklukkan tanjakan.

BACA JUGA:Keren Abis! 7 Alasan Memilih V-Belt Michelin untuk Motor Matic Kesayangan Anda

BACA JUGA:Simak Nih! 7 Rekomendasi Oli yang Bagus untuk Motor Matic Anda

Namun, keunggulan ini harus dibayar dengan konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih boros dibandingkan Beat. Beat dengan mesin 110cc memang terasa kurang bertenaga di tanjakan, namun terbukti lebih irit di jalanan datar maupun macet.

3. Fitur dan Teknologi

a. Fitur

Yamaha Gear terbilang lebih unggul dalam hal fitur. Gear menawarkan bagasi luas berkapasitas 26 liter, sangat berguna untuk menyimpan barang bawaan.

Selain itu, Gear juga dilengkapi dengan power socket untuk mengisi daya gadget dan lampu LED DRL (Daytime Running Light) yang menambah kegagahan tampilannya.

Sementara All New Honda Beat memiliki bagasi yang lebih sempit yakni hanya 12 liter, Beat juga belum dilengkapi dengan power socket dan lampu LED DRL. Namun, Beat tetap menggunakan lampu LED di lampu depan untuk pencahayaan yang lebih baik.

b. Teknologi

Kedua motor sama-sama menggunakan teknologi eSP, yang diklaim Honda dan Yamaha mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Perbedaan mencolok terletak pada fitur lampu hazard.

BACA JUGA:Tak Hanya Bagian Luar Saja, Inilah Pentingnya Membersihkan Bagian Dalam Motor Matic

BACA JUGA:10 Tips Negoisasi untuk Mendapatkan Motor Matic Second Murah

Gear sudah dilengkapi dengan lampu hazard, sementara Beat belum memilikinya. Lampu hazard merupakan fitur penting untuk memberi tanda pada pengendara lain, saat kendaraan dalam keadaan darurat.

4. Kenyamanan dan Handling

a. Kenyamanan

Suspensi Yamaha Gear cenderung lebih empuk, cocok untuk melintasi jalanan yang tidak rata. Beat di sisi lain memiliki suspensi yang lebih rigid, sehingga terasa sedikit kurang nyaman di jalanan berlubang.

Namun suspensi yang rigid pada motor matic Honda Beat, mampu memberikan keuntungan berupa handling yang lebih lincah.

b. Handling

Dengan handling yang lincah, Beat terasa lebih nyaman dan mudah dikendalikan di padatnya lalu lintas perkotaan. Gear dengan suspensi yang lebih empuk, memberikan rasa stabilitas yang lebih baik di kecepatan tinggi.

5. Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar merupakan salah satu faktor penting yang dipertimbangkan calon pembeli. Berdasarkan hasil pengujian, All New Honda Beat terbukti lebih irit bahan bakar dibandingkan Yamaha Gear.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Vespa 946 Dragon

BACA JUGA:Daftar Kekurangan Shockbreaker Belakang Ganda pada Motor Matic

Keunggulan motor matic Honda Beat dalam hal efisiensi bahan bakar ini, dapat berlaku baik di jalanan datar maupun di saat mengalami jalanan macet.

6. Harga

Di sisi harga, All New Honda Beat dibanderol sedikit lebih mahal dibandingkan Yamaha Gear. Selisih harga ini tergolong kecil dan mungkin sepadan dengan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan Gear, seperti bagasi luas, power socket, dan lampu LED DRL.

7. Safety

Kedua motor sama-sama dilengkapi dengan fitur keselamatan standar seperti Combi Brake System (CBS) dan Idling Stop System (ISS).

CBS membantu pengendara mengerem dengan lebih mudah dan seimbang, sedangkan ISS mematikan mesin saat motor berhenti sejenak untuk menghemat bahan bakar.

BACA JUGA:Harus Tau! 7 Rekomendasi Motor Matic yang Enak Buat Touring

BACA JUGA:Simak Nih! 7 Fungsi Komponen pada CVT Motor Matic Nmax Turbo

Dengan mengetahui perbandingan antara motor matic All New Honda Beat vs Yamaha Gear, menjadikan Anda lebih mantap dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Memilih antara All New Honda Beat dan Yamaha Gear tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: