Mahasiswa UMP Bakal Meriahkan 10 Ribu Lengger Bicara Banyumas

Mahasiswa UMP Bakal Meriahkan 10 Ribu Lengger Bicara Banyumas

Mahasiswa UMP Bakal Meriahkan 10 Ribu Lengger Bicara Banyumas-HUMAS UMP UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) siap berpartisipasi aktif dalam acara "10 Ribu Lengger Bicara Banyumas", sebuah perhelatan budaya akbar yang akan digelar di GOR Satria Purwokerto.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menyatakan bahwa keterlibatan mahasiswa UMP dalam acara ini merupakan bagian dari komitmen universitas untuk mendukung pelestarian budaya lokal dan mengintegrasikan kegiatan akademik dengan pengabdian kepada masyarakat. 

"Kehadiran mahasiswa UMP di acara ini tidak hanya untuk merayakan budaya, tetapi juga untuk belajar dan berkontribusi secara nyata dalam upaya pelestarian budaya Banyumas," ujar Assoc Prof Dr Jebul Suroso disela acara Sarapan, Olahraga dan Ngobrol Bareng Rektor di Halaman Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Jum’at (21/6/2024). 

Mahasiswa dari berbagai fakultas di UMP akan terlibat dalam berbagai aktivitas, mulai dari penampilan tarian Lengger, partisipasi dalam pameran seni dan budaya, hingga kegiatan pengelolaan lingkungan. Sebagai bentuk dukungan terhadap lingkungan, mahasiswa UMP yang tergabung dalam Relawan Hijau akan membantu dalam pengelolaan sampah dan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Rektor juga menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, partisipasi mahasiswa dalam acara ini menunjukkan semangat dan komitmen mereka terhadap pelestarian budaya dan lingkungan. 

“Ini adalah kesempatan yang baik bagi mereka untuk belajar dan berkontribusi kepada masyarakat. Acara ini juga sebagai sarana edukasi dan pemberdayaan. Mahasiswa UMP akan berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah daerah untuk menjadikan acara ini sukses dan berdampak positif bagi Banyumas," ungkapnya.

Salah satu penari mahasiswa UMP, Hanifah Nurul Koyum, berbagi antusiasmenya. Ia merasa sangat bangga bisa terlibat dalam acara besar ini. 

“Tarian Lengger adalah bagian dari identitas budaya kita, dan saya berharap partisipasi kami dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk melestarikan warisan budaya ini," ujar Hanifah.(tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: