Ternyata Ini Loh! Penyebab Starter Motor Matic tidak Berfungsi, Merepotkan Pengendara

Ternyata Ini Loh! Penyebab Starter Motor Matic tidak Berfungsi, Merepotkan Pengendara

Ternyata Ini Loh! Penyebab Starter Motor Matic tidak Berfungsi, Merepotkan Pengendara-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab starter motor matic tidak berfungsi, merupakan hal yang membingungkan dan merepotkan bagi pengendara. Sehingga penggendara harus mencari solusi, agar motor maticnya dapat kembali dihidupkan.

Layaknya mesin pada umumnya, motor matic pun tak luput dari masalah. Salah satu yang kerap dikeluhkan pengendara adalah starter motor yang mogok, membuat motor tak bisa dihidupkan dengan sekali pencet.

Sebelum Anda panik dan langsung membawa motor ke bengkel, ada baiknya mencoba melakukan diagnosa sederhana terlebih dahulu.



Dengan memahami beberapa penyebab starter motor matic tidak berfungsi, Anda bisa mengidentifikasi masalahnya dan mungkin saja melakukan perbaikan awal. Berikut beberapa kemungkinan penyebab starter motor matic tidak berfungsi, yang perlu Anda pahami:

1. Aki Lemah atau Soak

Aki (accu) merupakan jantung kelistrikan motor matic. Aki yang lemah atau soak, tidak dapat memberikan arus listrik yang cukup kuat untuk mengaktifkan starter.

BACA JUGA:6 Tips Memilih Ban Motor Matic yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

BACA JUGA:5 Keunggulan Motor Matic dengan Teknologi Hybrid yang Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Biasanya ditandai dengan suara starter yang lemah, atau tidak ada suara sama sekali saat tombol ditekan. Anda dapat memeriksa lampu utama motor jika lampu tampak redup saat starter ditekan, ini bisa menjadi indikasi aki yang lemah.

Anda juga bisa coba menggunakan voltmeter untuk mengukur tegangan aki. Umumnya, tegangan aki yang sehat berada di kisaran 12,2 - 12,8 Volt.

Jika aki soak Anda bisa mencoba melakukan jump start, dengan aki motor lain atau menggunakan power bank khusus motor yang dilengkapi fitur jump start. Akan tetapi, hal ini merupakan hanya solusi sementara.

2. Sekring Putus

Sistem kelistrikan motor matic dilengkapi sekring sebagai pengaman. Fungsinya adalah untuk memutus aliran listrik jika terjadi korsleting pada suatu rangkaian, mencegah kerusakan komponen lain yang lebih vital.

BACA JUGA:5 Penyebab Aki Motor Matic Tekor

BACA JUGA:Hal-hal yang Disukai dari Motor Matic Honda Genio

Sekring starter yang putus akan membuat starter tidak berfungsi. Biasanya lokasi kotak sekring motor matic berada di bawah jok atau di dek bagian depan. Periksa kondisi sekring starter.

Sekring yang putus biasanya terlihat putus atau warnanya sudah berubah. Ganti sekring yang putus dengan sekring baru, yang memiliki nilai ampere (A) yang sama.

Jangan pernah menggunakan sekring dengan nilai ampere lebih besar, karena dapat berisiko menyebabkan kebakaran akibat korsleting.

3. Bendik Rusak

Bendix atau dikenal juga dengan istilah solenoid starter, adalah komponen yang menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Saat tombol starter ditekan, bendik akan mendorong gigi pinion bendix untuk terhubung dengan flywheel (gigi pada mesin).

BACA JUGA:Hal-hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Genio

BACA JUGA:Minat Daftar Ojek Online ? Ini 6 Rekomendasi Motor Matic Murah yang Cocok untuk Ojek Online

Bila bendik rusak, dinamo starter tidak akan mendapat aliran listrik dan starter tidak berfungsi. Biasanya kerusakan bendix ditandai dengan bunyi "cetek-cetek", yang muncul saat tombol starter ditekan.

Ini menandakan bendik tidak kuat mendorong gigi pinion untuk terhubung dengan flywheel. Karena bendix merupakan komponen yang cukup rumit, disarankan untuk membawanya ke bengkel untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan lebih lanjut.

4. Dinamo Starter Bermasalah

Dinamo starter merupakan motor listrik yang berfungsi memutar mesin saat starter diaktifkan. Jika dinamo starter bermasalah, starter tidak akan berfungsi atau suaranya menjadi tidak normal.

Dinamo starter yang bermasalah biasanya ditandai dengan beberapa hal, antara lain: suara gemuruh atau dengungan saat tombol starter ditekan, starter sama sekali tidak berbunyi meskipun aki dan komponen lain dalam keadaan baik.

BACA JUGA:Motor Matic Terbaru di Indonesia, Ada Honda Beat Street 2024 yang Menarik dan Stylish

BACA JUGA:Dari 110 CC Hingga 180 CC, Inilah Alasan CC Motor Matic Semakin Membesar

Jika Anda tidak mempunyai pengetahuan yang cukup, sebaiknya serahkan kerusakan dinamo starter pada ahlinya untuk diperbaiki di bengkel.

5. Switch Starter Rusak

Switch starter atau tombol starter, berfungsi sebagai saklar untuk mengalirkan arus listrik ke dinamo starter saat ditekan. Bila switch starter rusak, maka arus listrik tidak akan mengalir ke dinamo starter sehingga starter tidak berfungsi.

Coba periksa apakah tombol starter masih terasa "klik" saat ditekan. Jika terasa lemas atau tidak ada respon sama sekali, bisa jadi switch starter yang bermasalah.

6. Relay Starter Rusak

Relay starter merupakan saklar elektromagnetik, yang berfungsi menghubungkan arus listrik kuat dari aki ke dinamo starter. Bila relay starter rusak, maka dinamo starter tidak akan mendapat aliran listrik dan starter tidak berfungsi.

BACA JUGA:7 Tanda Awal Rem Motor Matic Akan Blong

BACA JUGA:5 Langkah Mudah Mengatasi Rem Motor Matic Kurang Pakem Tanpa Perlu Ke Bengkel

Kerusakan relay starter biasanya ditandai dengan starter yang tidak berfungsi sama sekali, meskipun komponen lain dalam keadaan baik. Namun, diagnosa relay starter yang akurat  membutuhkan bantuan bengkel dan peralatan khusus.

7. Kabel Starter Bermasalah

Sistem starter melibatkan beberapa kabel, untuk mengalirkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Kabel starter dapat bermasalah karena putus, terkelupas, atau mengalami konsleting.

Periksa kondisi kabel starter secara menyeluruh. Perhatikan apakah ada kabel yang putus, terkelupas, atau mengalami perubahan warna.

Anda juga bisa menggunakan multimeter untuk mengecek kontinuitas kabel. Jika ditemukan kabel starter yang bermasalah, Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri.

BACA JUGA:Mengenal Engine Mounting Motor Matic Beserta Fungsinya yang Mengagumkan

BACA JUGA:5 Tanda Engine Mounting Motor Matic Bermasalah dan Harus Diganti

Yaitu dengan cara menyambung kabel yang putus, atau mengganti kabel yang terkelupas. Namun jika kerusakannya cukup parah, disarankan untuk membawanya ke bengkel.

8. Sensor Standar Samping Rusak

Pada beberapa motor matic, starter tidak dapat digunakan saat standar samping masih diturunkan. Hal ini dikarenakan adanya sensor standar samping yang mendeteksi posisi standar.

Apabila sensor standar samping rusak, maka starter tidak akan berfungsi meskipun standar samping sudah dinaikkan.

Coba naikkan standar samping motor Anda dan tekan tombol starter. Jika starter tetap tidak berfungsi, kemungkinan sensor standar samping yang bermasalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: