Cegah Abrasi Pantai, 1.600 Cemara Laut Ditanam di Pantai Widarapayung Cilacap

Cegah Abrasi Pantai, 1.600 Cemara Laut Ditanam di Pantai Widarapayung Cilacap

Kegiatan penanaman pohon Cemara Laut di Pantai Widarapayung.-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAPRADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kabupaten CILACAP merupakan wilayah supermarket bencana. Sejumlah potensi bencana ada di kabupaten ini, salah satunya tsunami dan abrasi. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten CILACAP terus berupaya mengatasi hal tersebut.

Sebagai upaya preventif terhadap potensi bencana tsunami dan abrasi pantai, sebanyak 1.600 pohon cemara laut ditanam di Pantai Widarapayung Kecamatan Binangun, Rabu (5/6/2024).

Penjabat Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, mengatakan, ada sekitar 500 relawan yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Selain itu, upaya penanggulangan bencana yang diharapkan dapat mengurangi risiko bencana secara masif dan berkelanjutan.

"Ini dalam rangka mitigasi dan vegetasi pantai. Kita menanam pohon 1.600 cemara laut dan kelapa kita rawat dan tumbuh agar bermanfaat bagi semua. Untuk pariwisata juga, kalau sejuk masyarakat akan berkunjung ke sini dan menjadi pendapatan desa maupun masyarakat setempat," katanya.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Penjualan Kambing di Karangpucung Cilacap Belum Maksimal

BACA JUGA:Permintaan Arang Batok di Cilacap Meningkat, Omzet Perajin Capai Puluhan Juta

Dikatakan, kegiatan yang dikaitkan dengan Hari lingkungan hidup, menandai komitmen Pemkab Cilacap untuk mewujudkan lingkungan yang semakin bersih, sejuk, dan nyaman.

Selain itu, juga sebagai upaya mempertahankan piala Adipura dan terus berupaya meraih Adipura Kencana.

"Kami harap masyarakat juga bisa terlibat dalam upaya bersih sampah. Karena sampah yang berasal di sekitar sungai larinya ke sungai ke laut lagi. Budaya masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya ini yang harus terus dilakukan. Apalagi sekarang sampah di Cilacap bisa jadi uang, karena dikelola oleh SBI di RDF Jeruklegi," ujar Awaluddin.

Dengan adanya inovasi lingkungan hidup tersebut, diharapkan pantai di sepanjang pesisir selatan Cilacap dapat terlindungi dari abrasi dan mengurangi risiko bencana tsunami. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: