Dukung Energi Ramah Lingkungan, PT Panorama Varia Cipta Kantongi Renewable Energy Certificate

Dukung Energi Ramah Lingkungan, PT Panorama Varia Cipta Kantongi Renewable Energy Certificate

PT Panorama Varia Cipta menunjukan Renewable Energy Certificate (REC) setelah penandatanganan kesepakatan dengan Manager PLN Unit Layanan Gombong, Selasa (4/6) di Kecamatan Tambak.-PLN ULP Gombong untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) PT Panorama Varia Cipta menandatangani kesepakatan penggunaan Renewable Energy Certificate (REC). Penandatanganan ini dilakukan oleh Manager PT Panorama Varia Usaha Nandhito Jendral Nugroho di hadapan Manager PLN ULP Gombong, Domianus Jati Kuncahyo.

Kegiatan ini merupakan wujud meningkatnya kesadaran mengenai pentingnya energi bersih dalam sektor usaha. PLN terus berupaya mengintegrasikan sumber energi terbarukan dengan kearifan lokal.

REC merupakan instrumen berbasis pasar yang menandakan bahwa satu megawatt-jam (MWh) listrik telah dihasilkan dari sumber energi terbarukan dan dikirim ke jaringan listrik.

“Ada banyak keuntungan penggunaan REC, diantaranya membantu meningkatkan pangsa energi terbarukan dalam jaringan listrik, berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon global dan memastikan bahwa energi yang dibeli benar-benar berasal dari sumber terbarukan. Serta meningkatkan citra perusahaan sebagai entitas yang bertanggung jawab terhadap lingkungan,” ujar Asisten Manager Pemasaran PLN UP3 Cilacap Doddy Bastian Tumanggor, Selasa (4/6).

PT Panorama Varia Cipta saat ini menjadi UMKM pertama di Kabupaten Banyumas yang memiliki REC. Perusahaan ini memproduksi plafon PVC dengan merk ORIGINAL dan memiliki 10 distributor yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

UMKM yang berlokasi di Kecamatan Tambak, Banyumas, ini berkomitmen untuk menerapkan energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. REC adalah mekanisme penting dalam mendukung energi terbarukan.

"Kami berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dalam menghadapi tantangan perubahan. Dengan mendukung penggunaan Renewable Energy Certificate, kami berharap dapat mempercepat transisi menuju energi terbarukan di sektor UMKM," tambah Manager PLN Unit Layanan Gombong UP3 Cilacap Domianus Jati Kuncahyo.

Setiap REC mengandung berbagai atribut yang memberikan transparansi dan akuntabilitas dalam pelacakan dan perdagangan energi terbarukan. Di PT Panorama Varia Cipta, tersambung daya PLN sebesar 197 KVA dengan penggunaan REC.

"Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan PLN UP3 Cilacap dalam mengimplementasikan Renewable Energy Certificate. Ini adalah langkah nyata kami dalam mendukung energi terbarukan dan memastikan bahwa operasi kami selaras dengan prinsip-prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan," ujar Manager PT Panorama Varia Usaha Nandhito Jendral. (fij/Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: