Sinergi Jaga Konservasi DAS Serayu: Kolaborasi PT PLN Indonesia Power UBP Mrica dan Bank Indonesia Purwokerto

Sinergi Jaga Konservasi DAS Serayu: Kolaborasi PT PLN Indonesia Power UBP Mrica dan Bank Indonesia Purwokerto

Kunjungan tim BI ke kandang kambing yang berada di Serayu Network, didampingi oleh Kusharyanto selaku Manager Administrasi PLN IP UBP Mrica dan tim Serayu Network-PT PLN IP UB Mrica untuk Radarmas-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Mrica dan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Purwokerto menjalin sinergi dalam program konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu.

Kolaborasi ini bertujuan menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung pembangunan berkelanjutan di kawasan Serayu Network dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai pembangkit energi baru terbarukan (EBT). 

Salah satu inisiatif utama dalam program ini adalah pendataan peternak dan sebaran pakan ternak serta taging konservasi penanaman.

Pendataan ini dilakukan untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai jumlah peternak, lokasi peternakan, dan kebutuhan pakan ternak di wilayah DAS Serayu.

"Dengan data yang akurat, kami kedepan dapat mengoptimalkan distribusi pakan ternak dan melakukan penanaman tanaman pakan ternak di lokasi-lokasi strategis di sekitar DAS Serayu, agar dapat menciptakan lingkungan yang berkelanjutan demi Perusahaan tetap handal," ujar Manager Administrasi PLN IP UBP Mrica, Kusharyanto.

Program ini tidak hanya terbatas pada ternak kambing, tetapi juga dapat diaplikasikan untuk ternak lainnya, seperti sapi, kerbau, dan domba.

Dengan menyediakan pakan ternak yang memadai, diharapkan dapat mengurangi tekanan terhadap sumber daya alam di kawasan DAS Serayu.

Selain itu, program ini juga melibatkan masyarakat lokal dalam kegiatan penanaman pohon dan tanaman konservasi lainnya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan melestarikan sumber daya alam.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya konservasi lingkungan di wilayah DAS Serayu," kata Christoveny, Kepala Perwakilan BI Kota Purwokerto.

Kolaborasi ini merupakan langkah awal yang positif dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di kawasan ini.

Dengan sinergi ini, diharapkan program konservasi DAS Serayu dapat berjalan secara efektif dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat sekitar, lingkungan, dan pembangunan ekonomi di wilayah tersebut. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: