Sederet Kebiasaan yang Membuat Aki Motor Matic Mudah Soak

Sederet Kebiasaan yang Membuat Aki Motor Matic Mudah Soak

5 Kebiasaan yang Membuat Aki Motor Matic Tidak Awet-Pinterest -

BACA JUGA:4 Kekurangan Motor Matic Yamaha Fino

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha Fino

Sel-sel yang terdapat dalam aki dapat menjadi mati atau mengering apabila motor jarang atau tidak pernah dipanaskan secara berkala. Penggunaan motor tanpa memanaskannya secara rutin dapat menyebabkan gangguan aliran listrik dan mengurangi kapasitas penyimpanan energi aki.

Untuk menghindari masalah ini, penting bagi pemilik kendaraan untuk memanaskan motor minimal 15 menit setiap harinya. Pemanasan motor secara rutin membantu menjaga suhu mesin dalam kondisi optimal, mengurangi risiko terjadinya sulfasi pada aki, dan memperpanjang masa pakai aki.

Dengan menghindari kebiasaan yang membuat aki motor matic gampang soak, pemilik kendaraan dapat memperpanjang masa pakai aki motor matic dan menghindari masalah yang berkaitan dengan kekurangan daya atau kerusakan aki. 

5.Tidak Pernah Memeriksa Cairan Aki dengan Seksama

Terdapat beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan yang dapat membuat aki mudah soak atau kehabisan daya dengan cepat. Salah satunya adalah kebiasaan tidak pernah memeriksa cairan aki secara berkala.

BACA JUGA:5 Penyebab Lampu Depan Motor Matic Sering Putus

BACA JUGA:Keren! 5 Keunggulan Honda Beat yang Tidak Dimiliki Motor Matic Lainnya

Cairan aki memiliki peran yang krusial dalam menjaga kinerja aki motor matic. Cairan ini tidak hanya berfungsi sebagai penghantar listrik, tetapi juga sebagai pendingin bagi sel-sel di dalam aki. 

Untuk menghindari masalah ini, penting bagi pemilik kendaraan untuk secara rutin memeriksa tingkat cairan aki. Pastikan level cairan aki berada dalam batas atas dan bawah yang tertera pada aki. 

Dengan menghindari kebiasaan yang membuat aki motor matic gampang soak, pemilik kendaraan dapat memastikan kinerja optimal aki motor matic dan menghindari masalah yang berkaitan dengan kekurangan daya atau kerusakan aki. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: