Perawatan Aki Motor Matic Agar Tidak Mudah Soak

Perawatan Aki Motor Matic Agar Tidak Mudah Soak

Kebiasaan yang Membuat Aki Motor Matic Tidak Awet seperti penggunaan starter elektrik yang berlebihan.-Pinterest -

Perawatan aki motor matic menjadi hal yang penting bagi pemilik sepeda motor, terutama untuk menjaga agar aki tidak mudah mengalami soak. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan kebiasaan menyalakan motor sehari-hari. 

BACA JUGA:Kymco GT 350i: Motor Matic Stylish Dengan Teknologi Terbaru Di Tahun 2024

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Suzuki Burgman yang Stylish

Menyalakan motor setiap hari selama minimal 15 menit dapat membantu menjaga kondisi aki motor matic Anda. Pada bagian dalam aki terdapat dua buah plat yang bereaksi dengan cairan asam sulfat, dan dengan bantuan kiprok. 

Selalu gunakan starter manual (engkol) untuk menyalakan motor Anda. Memaksa penggunaan starter elektrik saat motor sulit dinyalakan dapat memberikan beban ekstra pada aki dan mempercepat proses soak. Menggunakan starter manual juga membantu menghindari kerusakan elektri.

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi aki motor matic Anda. Perhatikan apakah terdapat tanda-tanda kebocoran, korosi, atau kotoran yang menempel pada terminal aki. Pastikan juga bahwa kabel-kabel terhubung dengan baik dan tidak mengalami keausan yang berarti. 

Dengan mengikuti Perawatan aki motor matic agar tidak mudah soak, Anda dapat membantu menjaga kesehatan aki motor matic Anda dan menghindari masalah soak yang sering terjadi. Perawatan yang tepat akan memperpanjang umur pakai aki dan memastikan kelancaran penggunaan motor matic.

4. Matikan Komponen Kelistrikan Lainnya Saat Mematikan Motor

Perawatan aki motor matic menjadi fokus utama bagi para pemilik sepeda motor, terutama untuk menghindari masalah soak yang sering terjadi. Salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan aki adalah memperhatikan kondisi komponen kelistrikan lainnya. 

BACA JUGA:7 Tips Menjaga Motor Matic Agar Selalu Awet

BACA JUGA:5 Cara Merawat Ban Tubeless Motor Matic Agar Awet

Ketika hendak mematikan motor, pastikan untuk mematikan komponen kelistrikan lainnya seperti head lamp dan lampu sign. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban aki pada saat motor akan dinyalakan kembali. 

Penggunaan komponen kelistrikan motor secara bersama-sama saat motor dinyalakan hanya akan mengganggu kestabilan tegangan listrik pada motor Anda. Hal ini dapat menyebabkan beban aki menjadi terlalu besar, yang pada akhirnya dapat mempercepat proses soak pada aki. 

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi sistem kelistrikan motor matic Anda. Perhatikan apakah terdapat kerusakan atau ketidaknormalan pada kiprok, alternator, dan komponen-komponen lain yang terlibat dalam proses pengisian aki. 

Pastikan juga bahwa kabel-kabel terhubung dengan baik dan tidak mengalami keausan yang berarti. Dengan memperhatikan kondisi sistem kelistrikan secara berkala, Anda dapat mencegah terjadinya masalah yang dapat mempengaruhi kinerja aki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: