6 Cara Mudah Mengatasi Rem Blong Pada Motor Matic

6 Cara Mudah Mengatasi Rem Blong Pada Motor Matic

Kumpulan Cara Mudah Mengatasi Rem Blong Pada Motor Matic-Pinterest -

Memeriksa kampas rem adalah langkah penting lainnya dalam mengatasi rem blong pada motor matic. Pastikan kampas rem motor matic tidak menjadi aus atau tipis. 

Kampas rem yang aus dapat menyebabkan kinerja rem tidak optimal dan bahkan bisa menyebabkan rem blong.

Jika kampas rem sudah mencapai batas minimum ketebalannya, segera ganti dengan yang baru untuk memastikan fungsi rem yang baik.

3. Cek Cairan Rem

Memeriksa cairan rem juga merupakan langkah krusial dalam menjaga kinerja rem motor matic. Pastikan bahwa tangki cairan rem terisi dengan cukup. 

Cairan rem yang rendah bisa mengganggu kinerja rem dan menyebabkan rem blong. Jika cairan rem dalam tangki terlalu rendah, tambahkan cairan rem sesuai dengan petunjuk dalam manual pengguna motor matic kalian. 

Pastikan juga untuk menggunakan jenis cairan rem yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Penyebab Utama Motor Matic Tidak Bisa Distarter

BACA JUGA:5 Keunggulan Motor Matic Honda Genio

4. Bersihkan Kaliper Rem

Membersihkan kaliper rem secara berkala adalah langkah penting dalam menjaga kinerja rem motor matic. Pastikan kaliper rem bebas dari kotoran, debu, dan karat yang bisa mengganggu pengoperasian rem. 

Gunakan sikat halus dan cairan pembersih rem untuk membersihkan kaliper secara menyeluruh. Perhatikan juga kondisi pelat geser dan per yang menghubungkan kaliper dengan sistem pengereman. 

Pastikan tidak ada yang aus atau rusak yang bisa menyebabkan rem blong. Setelah membersihkan, pastikan untuk mengeringkan kaliper dengan baik sebelum memasang kembali komponen pengereman.

5. Atur Kembali Rem

Mengatur kembali rem adalah langkah penting untuk memastikan rem motor matic berfungsi dengan baik. Ikuti petunjuk dalam manual pengguna motor matic untuk melakukan pengaturan rem yang sesuai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: