Cara Merawat Aki Motor Matic Supaya Awet

Cara Merawat Aki Motor Matic Supaya Awet

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat aki pada sepeda motor matic Anda.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Aki motor matic Anda berperan penting dalam menghasilkan tenaga untuk mengoperasikan komponen kelistrikan seperti starter, lampu, klakson, speedometer, dan fungsi kelistrikan lainnya pada sepeda motor matic Anda.

Oleh karena itu, pemilik sepeda motor matic hendaknya menjaga aki agar umurnya lebih panjang. Mengingat pentingnya fitur pada sepeda motor matic Anda, kami akan menjelaskan cara untuk merawat aki sepeda motor matic Anda untuk memastikan penggunaan yang optimal dan umur panjang.

Cara Merawat Aki Motor Matic Supaya Awet

Berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk merawat aki motor listrik:

BACA JUGA:9 Langkah Tepat Sebelum Membeli Motor Matic Bekas

BACA JUGA:Cara Mengatasi Motor Matic yang Tidak Bisa Menyala

1. Pastikan menggunakan baterai aki original

Jika aki memerlukan penggantian karena kondisinya, gantilah dengan aki yang disertakan bersama sepeda atau dengan kapasitas yang dibutuhkan sepeda motor matic. Jangan pernah mengganti atau memodifikasinya.

2. Cek tegangan

Aki sepeda motor matic ada dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Pada umumnya aki matic untuk sepeda motor matic banyak yang menggunakan sel kering.

BACA JUGA:SIMAK !! Tips Membeli Motor Matic Baru

BACA JUGA:Awasss! Inilah Daftar Motor Matic Paling Boros Bensin

Jika Anda menggunakan aki basah, Anda perlu memeriksa ketinggian air aki. Jika ini tidak cukup, Anda perlu menambahkan hingga batas maksimum.

Anda perlu memeriksa voltase baterai dalam kondisi kering dan basah. Jika di bawah 12,4 volt, Anda perlu segera mengisi aki dan pastikan terminal baterai juga bebas dari kotoran dan kerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: