Sempat Tembus Rp 45 Ribu, Daging Ayam Berangsur Turun Harga

Sempat Tembus Rp 45 Ribu, Daging Ayam Berangsur Turun Harga

Pedagang ayam broiler sedang memotong daging di lapaknya di komplek Pasar Sumpiuh, Senin (15/4).-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Harga komoditas daging ayam broiler di tingkat pedagang di komplek Pasar Sumpiuh berangsur turun. Setelah sebelumnya mengalami lonjakan mencapai Rp 45 ribu per kilogram (kg) di momen lebaran.

Salah satu pedagang ayam broiler, Santo menuturkan, pada Senin (15/4) ini atau H+5 lebaran, harga per kg turun di kisaran Rp 42 ribu. Seiring dengan berkurangnya permintaan pasar terhadap daging ayam.

"Permintaan daging ayam broiler meningkat antara H-1 sampai H+2 lebaran kemarin. Sekarang sudah mulai normal lagi," kata Santo di lapaknya.

Namun demikian, disebut Santo harga daging ayam broiler tidak serta merta langsung stabil. Sebab, banyak faktor yang berpengaruh. Di antaranya stok, operasional, masih suasana lebaran, dan lainnya.

BACA JUGA:Harga Daging Ayam Ras di Majenang Tinggi

BACA JUGA:Harga Daging Ayam di Cilacap Melonjak

Lebaran merupakan rezeki tersendiri bagi para pedagang daging ayam broiler. Setahun sekali dapat merasakan membludagnya omset hingga kewalahan saking ramainya pembeli.

"Meski lebaran tahun ini omset cenderung tidak terlalu signifikan karena turun dibanding lebaran tahun-tahun sebelumnya," ujar Santo.

Santo mengatakan berbeda dengan omset penjualan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai hingga 300an persen. Lebaran tahun ini mentok di angka kisaran seratus persen kenaikan omset daging ayam broiler.

Terpisah, pedagang mie ayam Nur Musaroh menyampaikan terpaksa harus menaikan harga per porsi. Imbas adanya kenaikan bahan baku. Seperti daging ayam dan sebagian bumbu. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: