Kenali Penyebab Garansi Baterai Motor Listrik Hangus dan Cara Menghindarinya, Biar Gak RUGI!

Kenali Penyebab Garansi Baterai Motor Listrik Hangus dan Cara Menghindarinya, Biar Gak RUGI!

Penyebab Garansi Baterai Motor Listrik Hangus -United Motor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada beberapa penyebab garansi baterai motor listrik hangus yang perlu dipahami dengan baik oleh para pemilik motor listrik.

Meskipun garansi merupakan jaminan dari produsen untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada baterai, namun terdapat beberapa faktor yang dapat membuat garansi tersebut menjadi tidak berlaku.

Lalu, sebenarnya faktor apa yang menyebabkan garansi motor listrik ini bisa hangus, dan bagaimana cara menghindarinya? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Garansi Baterai Motor Listrik Hangus

Ada beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan garansi baterai motor listrik hangus. Salah satunya adalah kesalahan penggunaan atau pemeliharaan yang kurang tepat.

BACA JUGA:PERHATIKAN ! Ini Dia Alat Untuk Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik

BACA JUGA:Kelebihan Menggunakan Motor Listrik dengan Sistem Sewa Baterai, Lebih HEMAT?

Beberapa penyebab yang sering terjadi antara lain:

1. Pengisian Daya yang Tidak Tepat

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik motor listrik adalah mengisi daya baterai langsung ke soket yang ada di motor, tanpa menggunakan charger yang tepat. Pengisian daya yang tidak tepat dapat menyebabkan overheating atau overcharging pada baterai, yang pada akhirnya dapat merusak baterai dan membuat garansi hangus.

Seiring berjalannya waktu, overcharging dapat menyebabkan sel-sel baterai mengalami degradasi yang signifikan, mengurangi kapasitas dan umur pakai baterai secara keseluruhan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan charger yang direkomendasikan oleh produsen dan mengikuti petunjuk pengisian daya yang tepat agar baterai tetap terjaga dengan baik dan garansi tetap berlaku.

2. Paparan Cairan dan Benturan

Baterai motor listrik rentan terhadap kerusakan akibat paparan cairan atau benturan keras. Jika baterai terkena cairan atau mengalami benturan yang keras, itu dapat merusak sel-sel di dalam baterai dan menyebabkan kerusakan yang tidak tercover oleh garansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: