Beberapa Perbedaan Motor Listrik dan Sepeda Listrik, AWAS Keliru!

Beberapa Perbedaan Motor Listrik dan Sepeda Listrik, AWAS Keliru!

Perbedaan motor listrik dan sepeda listrik-United Motor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Perbedaan motor listrik dan sepeda listrik menjadi topik menarik untuk dibahas dalam dunia transportasi modern

Meskipun keduanya menggunakan teknologi listrik sebagai sumber tenaga, namun terdapat perbedaan yang mendasar antara keduanya. 

Setidaknya ada 5 perbedaan utama antara motor listrik dan sepeda listrik yang perlu pembaca pahami agar tidak bingung lagi. 

1. Kecepatan dan Performa

Salah satu perbedaan yang mencolok antara sepeda listrik dan sepeda motor listrik adalah dalam hal kecepatan dan performa. Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020, kecepatan maksimum yang diizinkan bagi sepeda listrik adalah 25 km/jam, sementara sepeda motor listrik memiliki kecepatan rata-rata hingga 80 km/jam. 

BACA JUGA:Arti Warna Biru pada Plat Nomor Motor Listrik, Beserta Perbedaannya dengan Motor Konvensional

BACA JUGA:Hampir Mirip, inilah Perbedaan STNK Motor Listrik dengan Motor Konvensional

Hal ini menunjukkan bahwa sepeda motor listrik memiliki performa yang lebih tinggi daripada sepeda listrik, cocok untuk pengguna yang membutuhkan mobilitas lebih cepat dan jarak tempuh yang lebih jauh.

2. Fitur dan Fungsionalitas

Fitur yang tersedia di sepeda listrik dan sepeda motor listrik juga memiliki perbedaan yang signifikan. Sepeda listrik umumnya dilengkapi dengan lampu utama, lampu posisi, reflektor belakang, rem yang baik, dan klakson. 

Di sisi lain, sepeda motor listrik dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap, termasuk lampu utama, lampu belakang, lampu rem, lampu sein, rem depan dan belakang, speedometer, dan klakson. Fitur-fitur ini memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra bagi pengguna sepeda motor listrik dalam berbagai kondisi penggunaan.

3. Jarak Tempuh dan Kapasitas Baterai

Perbedaan motor listrik dan sepeda listrik yang selanjutnya yaitu dalam hal jarak temput dan kapasitas baterainya. Kapasitas baterai dan jarak tempuh juga menjadi faktor yang membedakan antara sepeda listrik dan sepeda motor listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: