Ramadan Sebagai Katalisator Kebaikan Seorang Muslim

Ramadan Sebagai Katalisator Kebaikan Seorang Muslim

Rochmadi Budi setiyanto, S.Farm--

Puasa Ramadan yaitu menjaga umat muslim dari perbuatan tercela . Perbuatan tercela bisa merusak akhlak dan moralitas seseorang serta bisa membuatnya menjauh dari jalan kebaikan yang telah ditunjukkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

4. Mengajarkan Kesabaran seorang muslim.

Puasa mengajarkan kita untuk bersabar dalam menghadapi rasa lapar, dahaga dan godaan lainnya, serta harus menahan diri dari perilaku buruk, membiasakan untuk berpikir positif dan berdoa.

5. Sebagai ladang amal seorang muslim.

Ramadan memberikan hikmah bagi setiap muslim untuk meningkatkan kesungguhan dan keimanan agar diampuni dosanya dan dijadikan sebagai manusia yang bertaqwa.

Dalam Ibadah Ramadan, seluruh amal baik seperti puasa, salat, dzikir, shodaqoh, membaca Al Quran dan amalan baik lainya yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Sebagaimana hadist nabi sebutkan : "Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barangsiapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan,"; (HR. Bukhari-Muslim).”

Ramadan adalah sebuah proses perbaikan dalam kehidupan seorang muslim, setelah 11 bulan sebelumnya berjibaku dengan aktivitas dunia yang lebih dominan, karena itu Allah hadirkan bulan ramadan sebagai media katalisator agar seorang muslim menjadi seorang hamba yang memiliki energi kebaikan dan menjadi insan yang bertaqwa. 

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Semogaa kita bisa menggunakan ramadan tahun ini sebagai katalistor untuk menjadi insan yang bertaqwa, sebagaimana firman Allah dalam surat Al baqarah ayat 183 yang artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: