YUK SIMAK!! 5 Jenis Baterai Motor Listrik, Beserta Kelebihan dan Kekurangan serta Cara Merawatnya

YUK SIMAK!! 5 Jenis Baterai Motor Listrik, Beserta Kelebihan dan Kekurangan serta Cara Merawatnya

YUK SIMAK!! 5 Jenis Baterai Motor Listrik, Beserta Kelebihan dan Kekurangan serta Cara Merawatnya-gesits-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jenis baterai motor listrik pada umumnya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para komsumen yang akan membelinya.

motor listrik semakin populer sebagai pilihan kendaraan ramah lingkungan dan hemat biaya. Salah satu komponen terpenting dalam motor listrik adalah baterainya, memahami jenis dan cara merawat baterai akan menentukan performa dan usia pakai.

5 Jenis Baterai Motor Listrik

Berikut ini beberapa jenis baterai motor listrik, berserta kelebihan dan kekurangannya:

1. Baterai Lead Acid (Pb-A)

Baterai Pb-A merupakan yang paling familiar digunakan pada motor listrik, dengan keunggulannya terletak pada harga yang murah dan kemudahan didapat. Teknologi yang digunakan pun sudah matang, selain itu baterai Pb-A termasuk ramah lingkungan.

BACA JUGA:Inilah Cara Kerja Mesin Motor Listrik

BACA JUGA:PENTING ! Inilah 8 Fungsi Komponen yang Ada di Motor Listrik

Namun di balik harganya yang bersahabat, terdapat beberapa kekurangan yang dimilikinya. Kepadatan energi Pb-A rendah dan bobotnya berat, sehingga jarak tempuh yang bisa dicapai menjadi lebih pendek.

Umur baterai Pb-A juga tergolong singkat, dan tidak tahan terhadap banyak siklus pengisian daya. Sehingga Anda pun harus bersabar, karena waktu pengisian baterai Pb-A cenderung lama.

2. Baterai Nikel Metal (NiMH)

Merupakan jenis baterai motor listrik yang memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi, sehingga memiliki jarak tempuh bisa lebih jauh. Selain itu umur baterai NiMH juga lebih panjang, dan tahan terhadap banyak siklus pengisian daya.

Kelemahan NiMH adalah efek memori yang dapat memengaruhi performa baterai jika tidak dirawat dengan baik. Sama seperti Pb-A waktu pengisian baterai NiMH juga tergolong lama, namun harganya sedikit lebih mahal dari Pb-A.

BACA JUGA:Gampang BANGET !! Tips Merawat Motor Listrik agar Awet

BACA JUGA:SEGERA CEK !! Bagian-bagian Motor Listrik yang Sering Mengalami Perbaikan

3. Baterai Nikel Kadmium (NiCd)

Baterai NiCd memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi dibandingkan NiMH, menjadikannya juara dalam hal jarak tempuh. Jenis baterai motor listrik ini juga tahan terhadap temperatur ekstrem, cocok untuk digunakan di daerah dengan cuaca yang panas atau dingin. 

Keunggulan lain adalah umur baterai NiCd yang panjang, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.  Harganya adalah yang termahal di antara baterai non-Lithium, selain itu NiCd mengandung bahan berbahaya kadmium sehingga aspek lingkungan perlu dipertimbangkan.

Sama seperti pada baterai NiMH, NiCd juga memiliki efek memori yang dapat memengaruhi performanya.

4. Baterai Lithium-Ion (Li-Ion)

Baterai Li-Ion adalah pilihan populer saat ini, dengan keunggulannya terletak pada kepadatan energi yang tinggi dan bobot yang ringan. Dengan Li-Ion Anda bisa menempuh jarak yang lebih jauh, dibandingkan menggunakan jenis baterai motor listrik lainnya. 

BACA JUGA:Perbandingan Konsumsi Energi Motor Listrik vs Motor Konvensional, Ternyata Begini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: