PERLU TAHU! Jenis Baterai Motor Listrik yang Sering Kita Dijumpai

PERLU TAHU! Jenis Baterai Motor Listrik yang Sering Kita Dijumpai

CANGGIH! Jenis Baterai Motor Listrik yang Sering Kita Dijumpai-Freepik: fxquadro-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada banyak jenis baterai motor listrik yang kita jumpai, dengan berbagai kapasitasnya sendiri-sendiri. Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sistem motor listrik, sehingga banyak produsen baterai yang terus mengembangkan produknya agar lebih baik lagi.

Beragam jenis baterai motor listrik tersedia di pasaran, dengan karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Dibawah ini akan kita telusuri bersama jenis baterai motor listrik, dengan berbagai keluggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

jenis baterai motor listrik

Berikut ini beberapa jenis baterai yang umum digunakan pada motor listrik:



1. Baterai Lead Acid (LA)

Bagi Anda yang mencari baterai dengan harga terjangkau, baterai Lead Acid (LA) bisa menjadi pilihan. Terbuat dari timbal dan asam sulfat, LA terkenal dengan daya tahannya yang tinggi dan mudah didaur ulang.

BACA JUGA:HATI-HATI ! Ini Penyebab Motor Listrik Bisa Terbakar

BACA JUGA:Perbandingan Motor Listrik dengan Motor Konvensional, Mana yang Lebih Baik?

Namun perlu diingat bahwa baterai LA memiliki beberapa kekurangan seperti bobot, dan ukuran yang besar, kapasitas energi yang rendah, dan tingkat efisiensi kurang optimal.

2. Baterai Lithium-Ion (Li-Ion)

Jika Anda menginginkan performa yang lebih baik dari motor listrik Anda, baterai Lithium-Ion (Li-Ion) bisa menjadi jawabannya. Baterai Li-Ion jauh lebih ringan dan ringkas dibandingkan LA, memiliki kapasitas energi yang lebih tinggi, serta tingkat efisiensi yang lebih baik.

Namun ada harga yang harus dibayar untuk keunggulan tersebut, baterai Li-Ion umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Selain itu faktor keamanan perlu menjadi perhatian, baterai Li-Ion berpotensi mengalami overheating dan ledakan jika tidak dirawat dengan baik.

3. Baterai Lithium Iron Phosphate (LiFePO4)

Ingin performa Li-Ion dengan keamanan yang lebih terjamin?, Baterai Lithium Iron Phosphate (LiFePO4) bisa menjadi solusinya. LiFePO4 merupakan jenis baterai Li-Ion yang lebih aman dan tahan lama.

BACA JUGA:Motor Listrik Jadi Pilihan Unggul untuk Masa Depan dengan Berbagai Keuntungan Memilikinya

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Bagi Pemula, Isi Daya Baterai dengan Langkah yang Tepat

Jenis baterai motor listrik ini menawarkan stabilitas dan ketahanan panas lebih baik, dibandingkan baterai Li-Ion lainnya serta memiliki siklus hidup yang lebih panjang. Namun seperti halnya Li-Ion, LiFePO4 dibanderol dengan harga lebih mahal dan memiliki kapasitas energi lebih rendah.

4. Baterai Solid State

Teknologi baterai terus berkembang dan baterai Solid State menjadi harapan masa depan. Baterai ini memiliki sejumlah keunggulan seperti keamanan yang tinggi, karena tidak mengandung bahan cair yang mudah terbakar.

Kapasitas energi yang lebih tinggi dibandingkan jenis baterai lainnya, dan umur yang lebih panjang. Namun saat ini baterai Solid State masih dalam tahap pengembangan, dan belum tersedia secara komersial.

Selain itu proses pembuatannya membutuhkan teknologi yang kompleks, sehingga harganya diprediksi akan sangat mahal.

BACA JUGA:Ini Alasan Mengapa Pilihan Produk Motor Listrik Terbatas?

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Ini Alasan Mengapa Motor Listrik Minim Perawatan, Jadi Lebih Mudah Kan?

Pemilihan jenis baterai motor listrik bergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda, baterai LA cocok bagi yang mementingkan harga namun perlu menerima performa terbatas. Baterai Li-Ion menawarkan performa yang lebih baik, tetapi berbanderol lebih mahal dan membutuhkan perhatian ekstra terhadap keamanannya.

Jenis baterai motor listrik LiFePO4 memberikan keseimbangan antara performa, keamanan, dan ketahanan, namun dengan harga yang lebih tinggi lagi. Sementara baterai Solid State menawarkan banyak keunggulan, namun belum tersedia secara luas dan diperkirakan akan memiliki harga sangat mahal. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: