GAMPANG! Ini Cara Konversi Motor BBM ke Motor Listrik

GAMPANG! Ini Cara Konversi Motor BBM ke Motor Listrik

Cara Konversi Motor BBM ke Motor Listrik-MotorPlus Online-

4. Konversi Motor di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB)

Setelah persetujuan biaya dan surat pernyataan kesediaan diperoleh, bengkel konversi akan melakukan proses konversi motor di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB). Proses ini meliputi penggantian komponen-komponen mesin yang dibutuhkan untuk mengadaptasi motor menjadi motor listrik.

BACA JUGA:INI BEDANYA! Karakteristik Kemudi Motor Listrik dengan Motor Konvensional

BACA JUGA:Biar Ngga Nyesel! Begini Cara Mengetahui Jarak Tempuh dan Kecepatan Motor Listrik Sebelum Membeli Motor

5. Pengujian oleh Kementerian Perhubungan

Setelah selesai dikonversi, motor akan menjalani pengujian oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memastikan bahwa motor telah memenuhi standar keamanan dan kelayakan untuk digunakan di jalan raya.

6. Penerbitan SUT dan SRUT

Jika motor telah lulus pengujian, Kemenhub akan menerbitkan Surat Uji Tipe (SUT) dan Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) sebagai bukti bahwa motor telah lolos uji dan layak digunakan.

7. Verifikasi dan Penyerahan Motor Hasil Konversi

Terakhir, Kementerian ESDM akan melakukan verifikasi terhadap hasil konversi dan kelengkapan surat atau sertifikat motor hasil konversi. Setelah verifikasi selesai, pemohon akan menerima motor yang telah berhasil dikonversi dan siap untuk digunakan.

Daftar Bengkel Konversi Motor BBM ke Motor Listrik

Saat ini, terdapat 22 bengkel konversi sepeda motor yang tersebar luas, menawarkan layanan konversi dengan total kapasitas hampir 2.000 unit per bulan. Bengkel-bengkel ini mencakup berbagai jenis, mulai dari bengkel perseroan terbatas (PT) hingga bengkel milik institusi pendidikan dan pemerintahan. 

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk menemukan bengkel konversi terdekat, Anda dapat mengakses langsung daftar bengkel konversi di laman resmi ebtke.esdm.go.id.

BACA JUGA:HATI-HATI ! Ini Penyebab Motor Listrik Bisa Terbakar

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Ini Alasan Mengapa Motor Listrik Minim Perawatan, Jadi Lebih Mudah Kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: