Tips Aman Mengendarai Motor Listrik saat Hujan

Tips Aman Mengendarai Motor Listrik saat Hujan

Beberapa tips aman untuk berkendara menggunakan sepeda motor listrik di saat hujan.-Fahma Ardiana-

 

Hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum mengendarai sepeda motor listrik di tengah hujan adalah mengetahui ketahanan air pada sepeda motor listrik Anda.

Meski semua produsen sepeda motor listrik mengklaim tahan terhadap cuaca, namun bukan berarti semua sepeda motor listrik tidak memiliki batasan.

Beberapa produsen sepeda motor motor memperingatkan pengendara motor listrik untuk tidak berkendara di genangan air setinggi lebih dari 15 cm dalam waktu lama.

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel, untuk mengetahui ketahanan air pada sepeda motor listrik, Anda dapat memeriksa rating IP yang diberikan oleh produsen sepeda motor listrik.

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Bagi Pemula, Isi Daya Baterai dengan Langkah yang Tepat

BACA JUGA:INI BEDANYA! Karakteristik Kemudi Motor Listrik dengan Motor Konvensional

3. Pastikan ban dalam kondisi baik

Seperti halnya sepeda motor biasa, pengguna sepeda motor listrik juga tidak boleh mengabaikan ban. Pastikan ban sepeda motor listrik Anda memiliki tekanan udara yang cukup.

Selain itu, karena sepeda motor listrik lebih berat dibandingkan sepeda motor biasa, maka sangat penting untuk memperhatikan tekanan ban.

4. Defensive riding

Salah satu kelebihan sepeda motor listrik adalah dapat berakselerasi pada kecepatan rendah. Selain itu, sepeda motor listrik cenderung senyap sehingga sangat berbahaya bagi Anda dan pengendara lain.

Inilah sebabnya mengapa Anda perlu berlatih berkendara defensif, terutama saat berkendara di tengah hujan. Berkendara defensif adalah metode mengendalikan sepeda motor listrik Anda sesuai dengan kondisi jalan dan berkendara dengan aman.

Misalnya menyalakan lampu motor, menjaga jarak dengan mobil di depan agar pengereman optimal, menghindari akselerasi berlebihan saat hujan, dan memeriksa lingkungan sekitar di jalan.

Selain itu, sepeda motor listrik juga sangat senyap, jadi jangan ragu untuk membunyikan klakson pada situasi tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: