Implikasi Puasa Bagi Kesehatan, Aisyiyah UMP Gelar Kajian dan Salurkan Paket Sembako

Implikasi Puasa Bagi Kesehatan, Aisyiyah UMP Gelar Kajian dan Salurkan Paket Sembako

Pimpinan Ranting Aisyiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan kajian bertajuk "Implikasi Puasa Bagi Kesehatan" di Aula AK Anshori, Kantor Pusat Lt 3 UMP, pada Jumat (22/3/2024). -HUMAS UMP UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -Pimpinan Ranting Aisyiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan kajian bertajuk "Implikasi Puasa Bagi Kesehatan" di Aula AK Anshori, Kantor Pusat Lt 3 UMP, pada Jumat (22/3/2024). Acara ini juga disertai dengan penyerahan paket sembako.

Dalam kajian tersebut, dr. Anis Kusumawati, M.Sc., MMedEd dari Fakultas Kedokteran UMP, menjadi narasumber utama. 

Dalam paparannya, dr. Anis menjelaskan bahwa puasa, dalam konteks bahasa Arab "As-shaum", mengandung arti menahan diri dari suatu perbuatan. Sedangkan dalam syariah, puasa diartikan sebagai menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, dilakukan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan disertai niat dan syarat-syarat tertentu.

BACA JUGA:Tempat Gergajian Kayu di Baseh Kedungbanteng Terbakar, Kerugian Rp 35 Juta

Puasa Ramadhan, lanjut dr. Anis, merupakan kewajiban bagi umat Islam yang telah baligh, berakal, dan tidak dalam keadaan haid atau nifas.

Dalam konteks kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mendefinisikan kesehatan sebagai keadaan sempurna secara fisik, mental, spiritual, dan sosial.

BACA JUGA:Lima Tahun Terakhir, Kasus DB di Purbalingga Relatif Turun

Ketua Pimpinan Ranting Aisyiyah UMP, Sri Lestari AMd, menyatakan bahwa kajian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang implikasi puasa bagi kesehatan manusia.

Selain itu, penyerahan paket sembako juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap peserta kajian, khususnya di tengah situasi ekonomi yang belum stabil akibat pandemi.

“Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru tetapi juga memberikan manfaat langsung bagi peserta, baik dari segi peningkatan kesehatan maupun bantuan ekonomi,” pungkasnya. (tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: