5 Jenis Gangguan Mental yang Harus Kamu Ketahui

Sabtu 16-03-2024,08:45 WIB
Reporter : Indah Citra
Editor : Bayu Indra Kusuma

3. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar, atau sering disebut juga gangguan bipolar, adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrim, mulai dari episode depresi yang dalam hingga episode mania atau hipomania yang meningkat. 

Orang dengan gangguan bipolar mungkin mengalami perubahan suasana hati yang drastis, energi yang meningkat secara tiba-tiba, perilaku impulsif, dan perubahan pola tidur.

BACA JUGA:Komplikasi Gangguan Kesehatan Mental yang Sangat Berbahaya

BACA JUGA:Faktor-Faktor yang Menyebabkan Risiko Gangguan Kesehatan Mental

4. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan kesehatan mental yang kompleks yang memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku. 

Gejala skizofrenia dapat mencakup halusinasi (persepsi palsu), delusi (keyakinan yang tidak masuk akal), gangguan pemikiran, dan perilaku yang tidak teratur. 

Skizofrenia sering membutuhkan perawatan jangka panjang dan dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berfungsi secara mandiri.

BACA JUGA:8 Ciri-ciri Kesehatan Mental yang Baik

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja, Kunci untuk Kesejahteraan dan Produktivitas

5. Gangguan Makan

Gangguan makan adalah gangguan kesehatan mental yang melibatkan perilaku makan yang tidak sehat dan berbahaya. 

Beberapa jenis gangguan makan yang umum meliputi anoreksia nervosa (menolak makanan secara ekstrem karena ketakutan berat badan), bulimia nervosa (pola makan yang berulang dengan makan berlebihan dan membersihkan diri), dan gangguan makan lainnya seperti gangguan makan kompulsif.

Gangguan kesehatan mental memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang dan membutuhkan perhatian dan perawatan yang tepat. 

Kategori :