Cara Mendidik Anak Perempuan yang Baik dan Benar

Selasa 30-01-2024,18:49 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:Strategi Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Disiplin

BACA JUGA:Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

Ajarkan anak perempuan mengenali organ tubuh mereka dengan menggunakan istilah yang benar. Berikan penjelasan yang sesuai dengan usia mereka dan bersikap terbuka untuk menjawab pertanyaan mereka dengan jujur.

Jelaskan dengan lembut tentang perubahan bentuk tubuh yang akan mereka alami seiring bertambahnya usia. Sampaikan bahwa hal ini adalah bagian normal dari proses pertumbuhan dan perkembangan sebagai perempuan.

Pastikan anak memahami bahwa perubahan yang mereka alami adalah normal dan terjadi pada semua perempuan. Ini dapat membantu mengurangi rasa canggung atau kekhawatiran yang mungkin muncul.

Bicarakan tentang apa yang dapat mereka harapkan saat memasuki masa puber. Sampaikan informasi mengenai menstruasi, perawatan tubuh, dan kesehatan reproduksi secara ringan namun informatif.

Berbicaralah tentang batasan-batasan pribadi, hak-hak mereka, dan pentingnya melaporkan jika mereka mengalami atau menyaksikan pelecehan seksual. Tanamkan rasa percaya diri agar mereka merasa nyaman berbicara tentang masalah ini. (wan)

Kategori :