Mengenal Jejak Sejarah Banyumas

Sabtu 27-01-2024,08:48 WIB
Reporter : Indah Citra
Editor : Mahdi Sulistyadi

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyumas, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, memiliki sejarah panjang yang kaya akan peristiwa dan perubahan. 

Dan pada artikel ini akan menjelajahi jejak sejarah Banyumas, dari awal berdirinya hingga perkembangan kesejarahan yang membentuk identitas dan karakter masyarakatnya sebagai berikut:

Pra-Sejarah

Wilayah Banyumas telah dihuni sejak zaman pra-sejarah, terbukti dengan ditemukannya artefak dan situs arkeologi di beberapa lokasi. 

Penduduk asli pra-sejarah Banyumas hidup secara berkelompok dengan pola hidup yang bersahaja, mengandalkan pertanian dan perburuan sebagai sumber utama kehidupan mereka.

BACA JUGA:Pesona Kesenian Begalan Khas Banyumas

BACA JUGA:Ebeg Kesenian Asli Banyumasan

Abad ke-8 hingga Abad ke-14

Selama abad ke-8 hingga ke-14, Banyumas berada dalam pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha Jawa. 

Wilayah ini menjadi bagian dari kerajaan-kerajaan yang berkembang di Pulau Jawa. Beberapa situs peninggalan sejarah dari periode ini masih dapat ditemui, seperti candi-candi yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah.

Masuknya Islam dan Perkembangan Kesultanan

Abad ke-15 menyaksikan masuknya Islam ke wilayah Banyumas. Kesultanan Banyumas kemudian didirikan, menandai perubahan signifikan dalam peta kekuasaan. 

Kesultanan Banyumas menjadi salah satu pusat pemerintahan dan kebudayaan di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Memasuki Akhir Tahun 2023 Indonesia-Australia Pererat Hubungan dengan Pertukaran Tim Kesenian

Kategori :