Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Kamis 18-01-2024,19:15 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam merencanakan kehamilan, wanita dianjurkan untuk lebih memperhatikan kesehatannya sebelum hamil, selama hamil, dan setelah melahirkan hingga masa menyusui.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil perlu dilakukan upaya-upaya sebagai berikut:

1. Memenuhi Kebutuhan Gizi Harian

BACA JUGA:Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tidak Mudah Keropos

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Usus

Mengonsumsi makanan bergizi selama hamil tidak hanya mendukung kesehatan ibu tetapi juga bermanfaat bagi perkembangan janin, melindungi rahim dan mengurangi risiko bayi lahir cacat. Pola makan kehamilan yang seimbang meliputi protein, vitamin C, kalsium, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, makanan kaya zat besi, lemak yang cukup, dan nutrisi lain seperti folat dan kolin.

Cara mudah memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama hamil adalah dengan mengonsumsi makanan bervariasi dari setiap kelompok makanan setiap hari.

2. Mencapai Pertambahan Berat Badan yang Sehat

Pertambahan berat badan selama kehamilan adalah hal yang normal dan diharapkan. Bagi ibu yang berat badan sebelum hamil berada dalam kisaran normal, pertambahan berat badannya kurang lebih 16-18 kg, untuk ibu gemuk 12 kg, dan untuk ibu kurus 20 kg. Penting untuk mendiskusikan dan memantau berat badan ibu serta kebutuhan nutrisinya dengan dokter selama kehamilan.

BACA JUGA:Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

BACA JUGA:7 Cara yang Tepat Untuk Jaga Kesehatan Kulit Bayi

3. Perhatikan Pola Makan

Sangat penting untuk berhati-hati dengan pola makan Anda selama kehamilan. Ibu juga perlu mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari selama hamil.

Hindari makan daging siap saji kecuali telah dimasak dengan benar. Selain itu, hindari makanan laut asap dan daging serta makanan laut yang kurang matang.

Kategori :