Tips Agar Bayi Tumbuh Menjadi Anak yang Cerdas

Selasa 16-01-2024,07:19 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Otak bayi tumbuh melalui berbagai pengalaman dan latihan. Sebagai orang tua, kita perlu membekali anak kita dengan berbagai pengalaman untuk membantu otaknya berkembang secara optimal. 

Dengan menstimulasi panca indera bayi, Anda dapat membantunya tumbuh menjadi anak yang cerdas kelak. Ada banyak cara dan tips yang bisa langsung Anda coba untuk membantu bayi Anda menjadi lebih pintar. 

Tips Membuat Bayi Tumbuh Menjadi Anak Cerdas

Seperti dilansir momjunction.com, Anda bisa memulainya dengan kebiasaan sederhana di rumah. Untuk informasi lebih lanjut, di bawah ini adalah beberapa tips agar bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas yang bisa orang tua lakukan di rumah:

BACA JUGA:Tips Parenting yang Tepat Untuk Anak Usia Remaja

BACA JUGA:Tipe-Tipe Parenting Serta Pengaruhnya Pada Anak

 

 

1. Luangkan Lebih Banyak Waktu untuk Berinteraksi dengan Anak

Menurut para ilmuwan, interaksi teratur dengan bayi Anda dapat meningkatkan perkembangan otak anak Anda. Mengajak anak bermain, berpelukan, dan mengobrol akan membantu anak mengembangkan kemampuan berpikirnya. Anak-anak juga akan merasa lebih aman dan percaya diri.

2. Menyusui Anak Sampai Berumur 2 Tahun

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI memiliki skor IQ 5% lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak diberi ASI. Sangat disarankan agar para ibu memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda pada 6 bulan pertama kehidupannya, dan tetap memberikan ASI pada bayi Anda hingga ia berusia 2 tahun serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

BACA JUGA:Cara Mendidik Anak di Era Digital

BACA JUGA:Tips Mengasuh Anak Tanpa Sosok Ayah

 

Kategori :

Terkait