Cara Mengontrol Emosi Supaya Tidak Meledak-Ledak

Senin 18-12-2023,11:11 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Bayu Indra Kusuma

Tidak ada salah nya saat sedang marah kita meluangkan waktu untuk menyendiri. Misalnya dengan jalan-jalan keluar mencari angin segar, atau mengunjungi suatu tempat sendirian, atau bisa juga me time di kafe.

Jiga malas keluar rumah, bisa juga dengan me time dirumah ditemani secangkir teh atau kopi hangat. Dengan menyendiri, kita bisa memiliki waktu untuk menata emosi serta menjernihkan pikiran sembari perlahan-lahan mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. 

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkab musik bisa menjadi salah satu solusi untuk mengontrol emosi. Pakailah headset untuk membuat diri berada diposisi senyaman mungkin, lalu putarlah lagu kesukaan yang bisa meredakan emosi. 

Hal ini juga bisa dilakukan di luar rumah dan sangat efektif karena dapat membantu untuk membuat diri kita menjadi lebih rileks dan sejenak melupakan masalah yang sedang dihadapi. 

Itulah dia beberapa cara mengontrol emosi supaya tidak meledak-ledak yang bisa kamu coba. Walaupun mungkin hal-hal tersebut tidak menbuahkan solusi atas masalah yang sedang dihadapi, namun setidaknya cara ini bisa membuat kita menjadi lebih tenang dan lebih bisa mengontrol emosi.

Kamu bisa memilih salah satu tips di atas dan lakukan secara rutin setiap mulai emosi. Namun jika dirasa tips diatas kurang membantu, mungkin kamu memang memiliki masalah emosi yang memerlukan bantuan profesional seperti psikolog, maka kamu harus mendapatkan solusi ataupun terapi dari sisi yang lebih profesional. (fah)

Kategori :