Kenali Jenis Masker Wajah serta Manfaatnya bagi Kulit

Senin 18-12-2023,03:56 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Puput Nursetyo

BACA JUGA:Perlu Diketahui! Inilah Efek Samping dari Penggunaan Masker Kunyit

BACA JUGA:Cara Membuat Lulur dan Masker Alami di Rumah yang Mudah, Aman dan Berkhasiat

Meskipun serupa dengan masker tanah liat, mud mask memiliki kandungan air yang lebih tinggi, sehingga dapat memberikan hidrasi lebih baik pada kulit. Oleh karena itu, jenis masker wajah ini cocok untuk semua jenis kulit.

Cara penggunaan mud mask sama dengan masker tanah liat. Bedanya, jika masker tanah liat berfungsi menyerap minyak, mud mask cenderung memberikan kelembapan lebih pada kulit.

3. Peel Off Mask

Masker jenis ini berbentuk gel atau krim dan biasanya akan mengering dalam beberapa menit setelah diaplikasikan pada kulit wajah. Setelah mengering, peel off mask akan membentuk tekstur karet yang elastis saat dikupas.

Peel off mask umumnya digunakan untuk menghilangkan komedo yang sulit diangkat. Namun, masker ini juga mampu mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati, tergantung pada formulanya.

BACA JUGA:Tak Hanya Mengangkat Sel Kulit Mati, Inilah 7 Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Perlu Diketahui!

BACA JUGA:Pelajari Manfaat Eksfoliasi Wajah dan Begini Cara yang Tepat

Disarankan untuk tidak menggunakan peel off mask pada pemilik kulit sensitif, karena proses pengelupasan dapat menyebabkan sensasi perih dan iritasi pada kulit.

4. Sheet Mask

Sheet mask merupakan jenis masker wajah yang berupa lembaran tisu atau kapas yang memiliki lubang di area mata, hidung, dan bibir. Meskipun sangat cocok untuk kulit kering, semua jenis kulit wajah dapat merasakan manfaatnya.

Penggunaannya pun sangat sederhana. Setelah mencuci wajah, Anda tinggal menempelkan sheet mask ke kulit dan membiarkannya selama 15–20 menit agar formula yang terkandung dapat meresap dengan baik.

Setelah dilepas, sisa cairan pada sheet mask dapat dioleskan ke seluruh wajah sambil melakukan pijatan lembut. Bahkan, Anda bisa mengaplikasikannya ke leher atau area tubuh lainnya, karena cairan tersebut mengandung serum yang dapat memberikan kelembapan pada kulit.

Kategori :