Ini Porsi Asupan Nutrisi Seimbang yang Baik untuk Kesehatan

Kamis 14-12-2023,11:52 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:Fakta Menarik Air Mineral yang Perlu Kamu Ketahui, Banyak Nutrisinya!

BACA JUGA:3 Resep Spaghetti Simple yang Kaya Nutrisi

Cara Mengatur Porsi Asupan Nutrisi Seimbang Sehari-hari

1. Perencanaan Menu Sehat

Pastikan untuk menyertakan berbagai jenis makanan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein nabati dan hewani, dalam menu sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang beragam.

Perhatikan proporsi yang tepat dari setiap jenis nutrisi dalam setiap hidangan, misalnya, membagi piring menjadi bagian yang proporsional antara karbohidrat, protein, dan sayuran. Dan gunakan teknik memasak yang sehat seperti memanggang, merebus, atau mengukus untuk mempertahankan nutrisi dalam makanan.

2. Memilih Makanan Bergizi

Memilih makanan yang kaya akan nutrisi menjadi kunci dalam mencapai porsi asupan nutrisi seimbang, dengan lebihkan konsumsi bahan makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan, karena mengandung vitamin dan mineral penting.

Ketika membeli makanan olahan, perhatikan label gizi untuk memastikan kandungan nutrisinya serta menghindari makanan yang tinggi gula tambahan, sodium, atau lemak trans.

BACA JUGA:6 Daftar Makanan Bergizi Untuk Mencegah Stunting pada Anak

BACA JUGA:8 Rekomendasi Makanan Tinggi Protein Pengganti Daging yang Sehat dan Bergizi

3. Memperhatikan Porsi yang Tepat

Selain memilih makanan yang tepat, memperhatikan porsi yang sesuai juga sangat penting dengan menggunakan piring yang lebih kecil bisa membantu mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi, Dan mendengarkan sinyal tubuh, makanlah secara perlahan, dan berhenti makan ketika sudah merasa kenyang. Ini membantu menghindari makan berlebihan.

Porsi asupan nutrisi yang seimbang memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari, memastikan konsumsi nutrisi yang tepat dari berbagai jenis makanan menjadi kunci untuk mendukung fungsi optimal tubuh dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan ketidakseimbangan nutrisi.

Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya porsi asupan nutrisi seimbang menjadi suatu hal yang sangat vital dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, merencanakan menu yang sehat, dan memperhatikan porsi yang tepat, seseorang dapat mencapai tujuan utama untuk memiliki gaya hidup yang sehat dan keseimbangan nutrisi yang mendukung kehidupan yang berkualitas. (wan)

Kategori :