Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 5 Manfaat Bunga Teratai

Senin 11-12-2023,06:12 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Puput Nursetyo

Selain manfaat bunga teratai yang telah disebutkan, bunga teratai juga diketahui dapat membantu meredakan batuk, mengatasi gangguan pencernaan, meredakan demam, mengatasi gangguan kulit, dan menjaga kesehatan hati.

Meskipun banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional, manfaat kesehatan dari bunga teratai masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya. Namun, penggunaan bunga teratai sebagai bagian dari menu sehat tetap dapat dijadikan pilihan.

Pengolahan bunga teratai dapat dilakukan dengan membuat sup atau tumisan. Jika diinginkan, bunga teratai juga dapat diolah menjadi jus dengan mencampurkannya dengan sayuran atau buah-buahan.

Penting untuk dicatat bahwa konsumsi bunga teratai dalam jumlah yang wajar umumnya dianggap aman. Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi bunga teratai dapat berpotensi menurunkan kadar gula darah dan menyebabkan hipoglikemia.

Sebelum merasakan manfaat bunga teratai tersebut sebagai obat herbal untuk pengobatan tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran mengenai dosis yang aman, sesuai dengan kondisi kesehatan individu. (amp/*)

Kategori :